Laba Bersih BTN Naik 7,4% hingga Kuartal I 2024, Ini adalah Penopangnya

Finansial25 Dilihat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) telah dilakukan menyeberangi periode kuartal I-2024 dengan cukup positif. BTN mampu membukukan laba bersih senilai Simbol Rupiah 860 miliar pada periode tersebut.

Jika dibandingkan periode serupa tahun sebelumnya, kenaikan laba bersih yang digunakan dicatat bank berkode saham BBTN mencapai 7,4% secara tahunan (year on year/YoY). Di mana, laba bersih BTN pada periode kuartal I-2023 senilai Rupiah 801 miliar.

Salah satu penopang dari kenaikan laba yang dimaksud adalah pendapatan bunga bersih yang dimaksud meningkat. Bank yang dimaksud fokus pada kredit properti ini mampu mencatatkan pendapatan bunga bersih senilai Simbol Rupiah 3,22 triliun atau naik 3,4% YoY.

Di sisi lain, BTN tampaknya semakin mampu mengoptimalkan pendapatan non bunga yang dimiliki. Itu tercermin dari pos pendapatan non bunga yang dimaksud naik sekitar 14,8% YoY berubah menjadi Mata Uang Rupiah 1 triliun.

Dalam menjalankan fungsi intermediasinya, BTN juga telah lama meningkatkan penyaluran kredit senilai Rupiah 344,24 triliun pada Januari hingga Maret 2024. Sebagai perbandingan, penyaluran kredit BTN dalam periode serupa tahun tak lama kemudian senilai Simbol Rupiah 299,74 triliun.

Sementara itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mana dimiliki BTN pun tercatat masih naik 11,9% YoY bermetamorfosis menjadi Mata Uang Rupiah 357,74 triliun. Di mana, kontribusi dana tidak mahal (CASA) tampak turun dari sebelumnya 52,2% menjadi 49,9%

Beberapa rasio kinerja keuangan yang dimaksud dicatatkan BTN tampak mengalami perbaikan. Ambil contoh, Non Performing Loan (NPL) gross BTN yang digunakan turun 53 basis poin (bps) dari periode sebanding tahun sebelumnya menjadi 3%.

Namun, rasio Net Interest Margin (NIM) BTN sudah mengalami penurunan. Saat ini, NIM BTN tercatat ada di dalam level 3,3% yang artinya ada penurunan sekitar 25 bps.



Artikel ini disadur dari Laba Bersih BTN Naik 7,4% hingga Kuartal I 2024, Ini Penopangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *