Langkah serta Cara Aktivasi Program Identitas Kependudukan Digital

Techno59 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Dalam era digitalisasi yang tersebut semakin meluas, pemerintah telah dilakukan meluncurkan Program Identitas Kependudukan Digital atau IKD. Sebagai langkah inovatif di bidang administrasi kependudukan, IKD menghadirkan KTP-Elektronik di bentuk digital yang digunakan praktis juga efisien.

Dengan berbagai fungsi kemudian ciri unggulan, IKD menyebabkan konsep identitas digital ke tingkat yang dimaksud tambahan tinggi juga memberikan kemudahan bagi rakyat pada mengakses layanan umum kemudian privat secara digital.

Apa Itu IKD? 

Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan aplikasi mobile digital yang tersebut memuat Kartu Tanda Penduduk atau KTP elektronik pada bentuk digital. Aplikasi ini digunakan untuk merepresentasikan data kependudukan seseorang di format digital.

Dengan IKD, identitas seseorang yang terdaftar sebagai penduduk dapat diakses secara digital melalui gawai lalu meyakinkan bahwa informasi yang disajikan sesuai dengan orang yang dimaksud bersangkutan.

Berdasarkan Pasal 17 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 72 Tahun 2022 IKD tidaklah hanya sekali memuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di bentuk digital, tetapi juga dokumen kemudian data kependudukan lainnya yang digunakan terkait dengan pengguna.

Di di IKD, terdapat informasi seperti biodata penduduk, kartu keluarga, surat keterangan kependudukan, serta akta pencatatan sipil yang mana sesuai dengan ketentuan hukum yang digunakan berlaku.

Fungsi serta Fakta Menarik IKD

Dilansir dari situs Dinas Kependudukan serta Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wilayah Magetan, IKD miliki tiga fungsi utama. Pertama, untuk pembuktian identitas, pada mana IKD digunakan sebagai bukti kepemilikan identitas melalui verifikasi data.

Kedua, untuk autentikasi identitas, yang mana melibatkan verifikasi biometrik, data identitas, kode verifikasi, dan juga QR code untuk memverifikasi pemilik IKD. Selain itu, IKD juga berfungsi untuk otorisasi identitas yang tersebut memberikan hak untuk pemilik IKD untuk mengatur akses data merekan untuk pengguna tertentu.

Beberapa fakta menarik mengenai aplikasi mobile IKD antara lain menggunakan sistem autentikasi dengan segera ke petugas IKD untuk mengurangi pemalsuan data. QR code yang tersebut bersifat sementara serta kadaluwarsa di 90 detik pasca discan, dan juga ketentuan bahwa satu akun hanya sekali dapat digunakan pada satu perangkat.

Di samping itu, program ini tiada dapat di-screenshot. Kemudian jikalau lupa PIN, pemilik akun harus mendatangi unit pelayanan adminduk untuk melakukan reset akun.

Cara Aktivasi IKD

Langkah-langkah untuk melakukan aktivasi perangkat lunak IKD sangat mudah, berikut adalah caranya.

  1. Download serta instal perangkat lunak IKD dari Play Store atau App Store.
  2. Klik “Daftar” kemudian setujui ketentuan juga ketentuan yang ada.
  3. Masukkan NIK, email aktif, dan juga nomor HP aktif.
  4. Lakukan swafoto (selfie) untuk verifikasi wajah.
  5. Pindai kode QR yang mana ditampilkan oleh petugas Disdukcapil.
  6. Periksa email untuk mendapatkan PIN sementara dan juga melakukan aktivasi.
  7. Buka aplikasi mobile IKD dan juga masukkan PIN sementara yang diterima melalui email.
  8. Setelah itu, aplikasi IKD siap digunakan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *