Lifter Ricko Saputra sabet dua perak lalu satu perunggu dalam Uzbekistan

Berita Olahraga23 Dilihat

IDN Bisnis Ibukota Indonesia – Lifter Indonesia Ricko Saputra menyebabkan pulang dua medali perak lalu satu medali perunggu dari nomor 61 kilogram (kg) putra pada Kejuaraan Angkat Besi Asia 2024 dalam Tashkent, Uzbekistan, Minggu.

Sebanyak dua medali perak yang tersebut diperoleh lifter kelahiran 21 Januari 2000 itu berasal dari angkatan clean and jerk seberat 161 kg lalu total angkatan 291 kg, sementara satu perunggu didapat dari jenis angkatan snatch seberat 130 kg.

Mulanya, Ricko hampir gagal mengamankan medali perunggu ketika dua kali percobaannya untuk angkatan 129 kg lalu 130 kg gagal, padahal ia pernah mengangkat beban tambahan berat pada September tahun lalu yaitu pada Kejuaraan Bumi 2023 dalam Riyadh, Arab Saudi, dengan mengangkat 134 kg.

Gagal dalam dua kesempatan tak menghasilkan Ricko menyerah juga akhirnya sang lifter mampu mengangkat beban 130 kg pada percobaan ketiganya.

Pada perebutan medali perak angkatan clean and jerk, lifter 24 tahun itu dengan segera meningkat pesat ketika percobaan pertamanya 161 kg berhasil diangkatnya dengan baik.

Ia kemudian meningkatkan angkatannya pada percobaan kedua lalu ketiga dengan berat 167 kg serta 171 kg untuk mencoba merebut emas, tetapi dua percobaannya yang dimaksud gagal. Sedangkan lifter Korea Utara Pak Myong-jin yang tersebut melakukan angkatan 166 kg, 168 kg, kemudian 172 kg di area percobaan pertama, kedua, kemudian ketiga menyelesaikan tugasnya dengan baik sehingga memborong tiga medali emas.

Hasil yang mana didapat Ricko ini sekaligus menjawab kegagalannya dari beberapa pertandingan terakhir, termasuk Asian Games 2022 Hangzhou, China pada Oktober 2023 dan juga IWF Grand Prix II pada Doha, Qatar, pada Desember 2023.

Pada Asian Games 2022 Hangzhou, China, Oktober tahun lalu ia finis di area tempat ketujuh setelahnya cuma berhasil mengangkat snatch 128 kg kemudian clean and jerk 160 kg.

Lalu pada IWF Grand Prix II dalam Doha, Qatar, ia semata-mata berhasil mengangkat snatch 129 kg lalu untuk angkatan clean and jerk, Ricko gagal melakukannya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *