Mandiri Sekuritas proyeksikan IHSG tembus 7.640 pada 2024

Bursa9 Dilihat

IDN Bisnis DKI Jakarta – PT Mandiri Sekuritas memproyeksikan Ukuran Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mencapai 7.640 pada tahun 2024, seiring dengan tren penurunan suku bunga acuan dalam tingkat global.

“Bank sentral dalam berbagai negara sudah pernah meninggal suku bunga 250- 525 basis poin di dua tahun belakangan yang dimaksud menyebabkan perlambatan pertumbuhan kegiatan ekonomi global. Namun, Indonesia yang tersebut termasuk di ASEAN-5 diproyeksikan masih meningkat secara resilien di tempat sedang volatilitas global,” ujar Head of Equity Analyst and Strategy Mandiri Sekuritas Adrian Joezer dalam Economic and Market Outlook 2024 pada Menara Mandiri, Jakarta, Senin.

Di berada dalam pelemahan pertumbuhan laba bersih perusahaan dikarenakan kebijakan moneter yang dimaksud ketat, menurut Joezer, kemungkinan penurunan suku bunga akan menopang perbaikan peningkatan pada semester II- 2024.

Menurutnya, kondisi fundamental ekonomi, perbankan, serta perusahaan yang tersebut lebih besar baik dibandingkan periode tightening sebelumnya, akan membuat tightening exit Indonesia lebih lanjut baik pada 2024-2025, lalu belum sepenuhnya terefleksikan di area tingkat valuasi bursa saham pada waktu ini di tempat level 12-13x forward PE.

“Tingkat leverage perusahaan yang dimaksud rendah kemudian ROIC-WACC spread yang berada dalam level tertinggi sejak 8-9 tahun terakhir pun akan membantu mempercepat pemulihan peningkatan setelahnya kebijakan tightening berakhir serta juga membantu menopang imbal hasil dividen yang tersebut tinggi ke depannya,“ ujar Joezer.

Dalam kesempatan ini, Chief Economist Mandiri Sekuritas Rangga Cipta memproyeksikan Layanan Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan berada sekitar 5,1 persen pada 2024, ditopang oleh faktor-faktor seperti konsumsi rumah tangga juga inflasi.

“Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 akan menggalakkan konsumsi, walaupun pembangunan ekonomi berpotensi sedikit melambat akibat menanti hasil Pemilihan Umum dan juga arah kebijakan di dalam masa depan,” ujar Rangga.

Pihaknya juga memproyeksikan kenaikan harga tetap memperlihatkan stabil dalam sekitar 3,2 persen pada 2024, suku bunga Bank Indonesia (BI) akan turun sebesar 75 basis poin ke 5,25 persen, juga nilai tukar rupiah diperkirakan menguat ke level Rp14.900 secara rata-rata, namun masih dipengaruhi volatilitas sektor ekonomi global pada kuartal I-2024.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *