Manfaat Pohon Bidara Menurut Islam, Salah Satunya Mengusir Makhluk Halus

Ragam57 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Pohon bidara merupakan jenis tumbuhan berkayu kecil yang tersebut miliki banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan, faedah pohon bidara lainnya adalah untuk mengusir makhluk halus.  

Pohon bidara adalah tumbuhan yang digunakan memiliki ciri kecil lalu rimbun menyerupai payung. Tanaman ini dikenal dengan nama Chinese apple, Jujube, dan Indian plum.

Mulai dari daun hingga buahnya memiliki khasiat yang digunakan berbagai digunakan untuk menghasilkan obat. Dalam daun bidara terkandung flavonoid, polifenol, alkaloid, siklopeptida, tanin, glikosida, saponin dammarane, minyak atsiri, vitamin, mineral, asam lemak tak jenuh ganda, kemudian asam amino. Tanaman ini juga memiliki sifat penangkal radikal juga antibakteri.

Dalam Islam, pohon bidara tercatat di Al-Quran Surah Saba ayat 16 dan juga QS. Al-Waqiah: 28:

Artinya: (Mereka) berada di dalam antara pohon bidara yang mana tidaklah berduri. (QS Al Waqiah ayat 28)

Dalam tafsiran Al-Quran Surah Al Waqiah ayat 28 di area atas, pohon bidara akan berada di dalam surga sebagai tempat berteduh para penghuninya.

Berikut ini ulasan mengenai faedah pohon bidara menurut Islam dan juga berdasarkan kesehatan. 

Manfaat Pohon Bidara Menurut Islam

1. Air Mandi Jenazah

Manfaat pertama pohon bidara adalah digunakan untuk memandikan jenazah. Daunnya dapat dicampur menggunakan air untuk kemudian digunakan untuk memandikan jenazah. 

Air daun bidara ini dipercaya dapat menghilangkan najis pada jenazah dan juga disunnahkan untuk menggunakan daun bidara sesuai dengan hadis riwayat Bukhari.

Dari Muhammad bin Sirin, dari Ummu ‘Athiyyah (seorang wanita Anshar) radhiyallahu ‘anha berkata:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menemui kami pada waktu kematian putri kami. Lalu beliau bersabda, ‘mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali, atau lebih lanjut dari itu jikalau kalian anggap perlu. Dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian) atau yang digunakan sejenis. Dan apabila kalian telah dilakukan selesai, beritahu aku.’

Ketika telah dilakukan selesai, kami memberi tahu beliau. Kemudian beliau memberikan kain beliau terhadap kami seraya berkata, ‘Pakaikanlah ini kepadanya.’ Yaitu, izar (pakain bagian bawah semacam sarung, pent.) beliau.” (HR. Bukhari no. 1253 juga Muslim no. 36, 939)

2. Air Mandi Orang yang tersebut Baru Masuk Islam 

Air daun bidara ini juga digunakan untuk mereka itu yang mana baru masuk Islam agar mandi dengan air bidara pasca mengucapkan dua kalimat syahadat. 

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat  HR An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61, yang dimaksud mengungkapkan seseorang yang digunakan baru belaka mengucapkan dua kalimat syahadat untuk mandi menggunakan air yang dimaksud dicampur dengan daun bidara pada dalamnya. 

3. Untuk Perempuan Bersuci

Selain itu, perempuan Muslim yang akan melakukan mandi wajib dari haid atau nifas dapat menggunakan daun bidara untuk menyucikan diri mereka. 

Hal ini merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Hadis ini tertuang pada Hadis Riwayat Muslim no. 332 dari Aisyah. 

”Aisyah berkata, ia mengoleskannya ke bekas-bekas darah, salah pribadi di dalam antara kalian (wanita haid) mengambil air yang dicampur dengan daun bidara lalu beliau bersuci dan juga memperbaiki bersucinya. Kemudian beliau menuangkan air di area menghadapi kepalanya seraya menggosoknya dengan gosokan yang kuat sampai air masuk ke akar-akar rambutnya, kemudian ia menyiram seluruh tubuhnya dengan air. Kemudian beliau mengambil secarik kain yang dimaksud sudah pernah dibaluri dengan minyak misk lalu beliau berbersih darinya.”

4. Mengusir Makhluk Halus

Daun bidara ini juga biasa digunakan ketika melakukan kegiatan ruqyah atau mengusir gangguan jin serta setan. Banyak ulama juga yang tersebut menyarankan untuk menyumbangkan daun bidara dengan tujuan menghalau sihir. 

Dalam kitab-kitab Wahb bin Munabbih, disebutkan untuk menumbuk daun bidara sebanyak 7 helai, kemudian dimasukkan ke pada air juga dibacakan ayat kursi, al-ikhlas, al-falaq, serta an-nas. Setelah itu oleskan sebanyak 3 kali kemudian mandikan dengan campuran air tersebut. 

Manfaat Pohon Bidara pada Bidang Studi Kesehatan

Pohon bidara juga miliki banyak faedah bagi kesehatan, antara lain:

1. Perawatan Wajah serta Tubuh

Kandungan yang dimaksud ada pada pada daun bidara dapat mengobati permasalahan wajah seperti jerawat, keriput, kantung mata hitam, hingga luka yang digunakan ada pada kulit. 

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Tumbuk beberapa daun bidara pasca dicuci bersih. Kemudian gunakan hasil tumbukan itu sebagai masker wajah. Jika telah didiamkan beberapa menit, bilas dengan air bersih. 

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat dari tumbuhan bidara adalah baik untuk membantu menurunkan kadar lemak LDL (low-density lipoprotein) yaitu lemak darah jahat pada tubuh. 

Cara mengonsumsinya mudah, rebus air lalu masukkan beberapa daun bidara. Setelah itu, minum untuk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. 

3. Membantu Penyembuhan Luka

Tanaman bidara mempunyai sifat anti-inflamasi serta anti-bakteri yang digunakan berarti vegetasi ini dapat membantu proses penyembuhan luka, baik luka gores hingga luka bakar pada kulit. 

Glikosida terkandung pada flora ini yang mana dapat membantu proses penyembuhan luka bakar. Caranya juga sebanding dengan menghasilkan air rebusan daun bidara dan juga meminumnya. 

4. Melancarkan Pencernaan

Daun bidara juga dapat mengatasi kesulitan sistem pencernaan. Tanaman ini dapat mengobati penyakit maag. Daun bidara dapat menghilangkan racun di metabolisme tubuh, mengatasi kesulitan pencernaan, dan juga menjaga dari infeksi. Air rebusan daun bidara dapat Anda konsumsi sekali sehari. 

Nah, itulah penjelasan sekilas mengenai pohon bidara serta manfaatnya di Islam dan juga dunia kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

ANGGITA VIANDHINI NUGROHO PUTRI

Pilihan Editor: Mengenal Buah Bidara dan juga Nutrisi di dalam Dalamnya

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *