Manfaatkan Teknologi, Alam Ganjar Berbagi Tips Kembangkan UMKM ke Anak Muda Manado

Bisnis11 Dilihat

IDN Bisnis MANADO – Muhammad Zinedine Alam Ganjar berbagi tips bagaimana pelaku UMKM mampu terus berinovasi di kegiatan Creative Talk ‘Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Gen Z’ dalam salah satu tempat nongkrong anak muda di tempat kawasan Sario Utara, Manado, Sulawesi Utara, Hari Sabtu (20/1).

Dalam kesempatan yang dimaksud Alam ditemani oleh Orlan Maleke, Pendiri Putra Tani Makobang kemudian dipandu oleh Moderator Wulan Pangarepan.

Putra tunggal Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo –yang juga diusung oleh Partai Perindo itu, mengungkapkan tentang bagaimana teknologi sanggup dimanfaatkan di upaya pengembangan UMKM serta pelaku lapangan usaha dituntut untuk terus berinovasi.

“Senjata utama UMKM ketika ini adalah teknologi sebab ketika ini pelaku sektor kreatif dituntut harus terampil pada mengakses fasilitas kemudian memanfaatkan apps untuk berjualan menggunakan gadget,” ungkap Alam.

Lanjut Alam, menurutnya pada waktu ini pemanfaatan internet serta sosial media dapat digunakan untuk belajar dan juga memperoleh informasi terkait pengembangan model industri seperti apa yang dimaksud tepat untuk pelaku lapangan usaha UMKM.

“Sosial media bisa jadi kita manfaatkan untuk menemukan beberapa referensi dan juga inspirasi yang bisa jadi kita modifikasi sesuai dengan model kita masing-masing sebab apabila kita mampu gunakan ini tentu akan mempercepat perkembangan pelaku lapangan usaha usaha,” lanjut Alam.

Dia mengakhiri perjalanannya pada diskusi tersebut. Seusai kegiatan berakhir, dirinya lalu menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan menuju bandara.

Sebelumnya Alam terlihat berada di area warung Aheng untuk menikmati sarapan pagi bersatu masyarakat. Alam terlihat menyantap menu mie cakalang dengan lahap. Dirinya memang benar gemar berkuliner dan juga senang menikmati masakan khas Manado.

Alam sendiri berada di area Sulawesi Utara selama dua hari dengan mengunjungi berbagai tempat dan juga pemuda di dalam sana. Alam mengaku senang melawan kunjungannya ke Sulawesi Utara.

Dirinya berharap kelak dapat kembali ke Sulawesi Utara, mengenalkan keindahan alam lalu kuliner yang dimaksud dimiliki wilayah tersebut.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *