Mendag China desak dialog atasi perselisihan perdagangan China-UE

Bisnis18 Dilihat

Beijing – Menteri Perdagangan China Wang Wentao sudah menegaskan bahwa China terbuka terhadap dialog guna menyelesaikan perselisihan perdagangan dengan Uni Eropa (UE), serta akan mengambil semua tindakan yang digunakan diperlukan untuk membela kepentingan sah perusahaan-perusahaan negara tersebut.

Wang menyampaikan hal yang dimaksud di sebuah pertarungan dengan perusahaan-perusahaan yang didanai oleh China ke Barcelona, Spanyol, pada Hari Sabtu (1/6) waktu setempat.

Pernyataannya itu muncul sebagai respons berhadapan dengan penyelidikan intensif UE baru-baru ini terhadap produk-produk China di antaranya kendaraan listrik, lokomotif kereta, dan juga peralatan yang digunakan untuk fotovoltaik, pembangkit listrik tenaga bayu, inspeksi keamanan, serta perawatan kesehatan.

Penyelidikan semacam ini dikerjakan dengan bermacam dalih seperti kelebihan kapasitas (overcapacity) kemudian persaingan tiada segar pada China.

Penyelidikan ini melibatkan penyelenggaraan secara diskriminatif instrumen pemeliharaan perdagangan (trade remedy), instrumen pengadaan internasional, juga peraturan subsidi asing, kata Wang.

Langkah-langkah ini justru meningkatkan risiko memperuncing perselisihan perdagangan antara China-UE, lanjutnya.

Para pemimpin Prancis, Jerman, juga UE sebelumnya telah lama berulang kali berjanji untuk menyavoid pertempuran dagang, menyatakan dukungan merek terhadap sistem perdagangan multilateral berbasis aturan lalu lingkungan persaingan yang tersebut adil.

Ketakutan yang dimaksud sah dari pihak China maupun UE harus segera diselesaikan guna menghindari eskalasi lebih tinggi lanjut perselisihan perdagangan, kata Wang, seraya menegaskan bahwa China akan mengambil semua langkah yang digunakan diperlukan untuk melindungi hak serta kepentingan perusahaan-perusahaannya apabila UE gagal memenuhi janjinya juga terus melanjutkan penindasan terhadap perusahaan China.

Dalam pertandingan tersebut, menteri perdagangan itu juga menyerukan peningkatan upaya untuk memfasilitasi penanaman modal dan juga perdagangan antara China lalu Spanyol.

Pertemuan ini dihadiri oleh para perwakilan dari perusahaan-perusahaan China yang digunakan terlibat di bidang keuangan, manufaktur, energi hijau, serta transportasi di Spanyol, dan juga para anggota Kamar Dagang China untuk Uni Eropa. 

 

Artikel ini disadur dari Mendag China desak dialog atasi perselisihan perdagangan China-UE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *