Mendag tinjau stok komponen pokok dalam Pasar Soreang Bandung

Bisnis9 Dilihat

IDN Bisnis Jadi untuk rakyat alhamdulillah bulan suci Ramadhan serta menjauhi Hari Raya Idul Fitri ini tersedia stok cukup berbagai kemudian harganya cenderung turun.

Kabupaten Bandung – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau stok beberapa komoditas unsur pokok pangan dalam Pasar Soreang, Daerah Bandung, Jawa Barat, mendekati Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Jadi untuk publik alhamdulillah bulan suci Ramadhan dan juga menjauhi Hari Raya Idul Fitri ini tersedia stok cukup sejumlah juga harganya cenderung turun,” kata Zulhas pada Daerah Bandung, Selasa.

Dalam kunjungannya, Zulhas berinteraksi dengan sebagian penjual mulai pedagang beras, penjual daging ayam, hingga peniaga telur.

Hasil pantauan nilai dari Mendag yakni nilai cabai merah Rp30.000 per kilogram yang tersebut menurutnya terlalu murah. Lalu nilai telur ayam  Rp26.400 per kg juga daging ayam Rp40.000 per kg.

“Cabai itu sedangnya sanggup jual Rp50.000 per kilogram orang masih mau tanam cabai, tapi kalau jual Rp30.000 orang tidak ada mau lagi tanam cabai, rugi,” kata dia.

Untuk biaya beras, kata dia, mulai cenderung turun oleh sebab itu di tempat beberapa wilayah sudah ada memasuki musim panen raya.

“Beras turun harganya dikarenakan telah mulai panen, turunnya itu dari Rp19.000 jadi Rp16.000 ada yang digunakan Rp16.000 jadi Rp15.000 jadi ada yang mana turun Rp3.000 lalu juga ada yang dimaksud Rp1.000,” katanya.

Menurut Zulhas, dengan kondisi biaya pangan yang dimaksud dinilainya stabil, ia menegaskan ketika Ramadhan hingga menjauhi Idul Fitri tidaklah akan terjadi kenaikan harga jual secara signifikan.

"Secara umum stoknya melimpah. Sayur-sayuran hampir semua turun (harganya). Jadi insya Allah puasa ini dan juga menjauhi lebaran sembako tersedia dan juga harga jual cenderung turun,” kata Zulhas.

Dalam tinjauan itu Mendag didampingi Kepala Dinas Perdagangan serta Industri (Disperdagin) Wilayah Bandung Dicky Anugrah, Kepala Dinas Industri serta Perdagangan (Disperindag) Jabar Noneng Kamara, serta Kepala Bulog Fakultas Bandung Erwin Budiana.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *