Mendag tuangkan sukses pemerintah atasi kelangkaan minyak di buku

Bisnis21 Dilihat

IDN Bisnis Ya, antara lain, dulu waktu masuk (kementerian) problem pertama minyak goreng. Kami selesaikan di waktu satu bulan

Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menuangkan keberhasilan pemerintah di mengatasi fenomena kelangkaan minyak goreng di area Indonesia di buku yang digunakan berjudul, “Capaian Performa Menteri Perdagangan 2023: Majukan Perdagangan Bersama Zulhas”.

“Ya, antara lain, dulu waktu masuk (kementerian) problem pertama minyak goreng. Kami selesaikan pada waktu satu bulan,” ujar Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, di dalam Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Minggu.

Pernyataan yang dimaksud ia ungkapkan pada peluncuran buku bertajuk, “Capaian Prestasi Menteri Perdagangan 2023: Majukan Perdagangan Bersama Zulhas”. Peluncuran yang disebutkan berlangsung pasca Zulhas mengikuti kegiatan senam bersatu pegawai Kementerian Perdagangan.

Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia pada 15 Juni 2022 oleh Presiden Joko Widodo, menggantikan Muhammad Lutfi. Saat itu, Muhammad Lutfi tersandung perkara dugaan aktivitas pidana korupsi pemberian Persetujuan Ekspor (PE) Crude Palm Oil (CPO) juga turunannya.

Selain penjelasan terkait bagaimana Zulhas mengatasi kelangkaan minyak goreng pada Indonesia, buku yang dimaksud juga memuat perjuangan pemerintah di mengendalikan biaya permintaan pokok pada masa perayaan lebaran, Natal lalu tahun baru.

“Yang paling berat lagi Natal juga tahun baru ya, Lebaran juga. (Tapi) kami bisa saja kendalikan harga,” ucap dia.

Lebih lanjut, eks Wakil Ketua MPR ini juga mengungkapkan buku yang dimaksud memuat surplus neraca perdagangan Indonesia selama 44 bulan, lebih banyak tepatnya sejak Mei 2020.

Hal yang disebutkan selaras dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dimaksud mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Desember 2023 surplus 3,31 miliar dolar Negeri Paman Sam atau surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

“Kemudian, kita juga memperluas akses pasar,” ujar Zulhas menambahkan.

Atas berbagai capaian yang tersebut tertuang dalam pada buku tersebut, Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Irfan Junaidi menilai Zulhas mempunyai kelebihan di berbicara dengan para pelaku usaha di tempat sektor perdagangan.

Oleh dikarenakan itu, kata dia, telah jarang terdengar permasalahan kelangkaan minyak goreng maupun bawang.

“Sehingga layak kalau kemudian kisah suksesnya ini dibukukan untuk menjadi inspirasi kita semuanya,” kata Irfan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *