Menhub minta KAI antisipasi dampak cuaca selama periode mudik

Bisnis17 Dilihat

IDN Bisnis Ibukota Indonesia – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memohon PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mengantisipasi dampak cuaca buruk yang mana mengakibatkan longsor di tempat beberapa orang titik jalur mudik, khususnya pada jalur selatan Jawa.

“Mohon antisipasi cuaca lantaran cuaca ini mengakibatkan longsor di dalam beberapa tempat, khususnya di tempat Garut, Tasikmalaya, sampai Purwokerto, sehingga tolong disiapkan pasukan dan juga dicek apakah merek sudah ada siap,” ujar Budi Karya Sumadi ketika meninjau arus mudik di area Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu.

Ia hadir di peninjauan yang disebutkan sama-sama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, juga Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo.

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga memohonkan peningkatan pelayanan dan juga keamanan perjalanan kereta api tak hanya saja dilaksanakan pada aspek sarana saja, tapi juga prasarana.

Ia juga memerintahkan KAI untuk menjamin posko-posko yang mana telah terjadi disiapkan dalam sepanjang jalur perjalanan kereta api berfungsi dengan baik.

Sementara itu, Listyo Sigit Prabowo menggarisbawahi pentingnya meningkatkan keamanan lalu lintas pada perlintasan sebidang dan juga kenyamanan penumpang selama perjalanan.

"Mudah-mudahan dengan kesiapan personel pengamanan, kesiapan pelayanan dari kereta api, semua pemudik yang tersebut memanfaatkan pilihannya dengan menggunakan kereta api mampu terlayani dengan baik," katanya.

Sedangkan Agus Subiyanto menuturkan bahwa KAI perlu memperhatikan pengaturan pergantian personel penjaga rel untuk menjamin kesiagaan petugas pada mengawasi rel.

“Karena adanya tambahan jadwal, sehingga pada pada waktu pergantian penjaga rel, ada jeda waktu yang digunakan harus diantisipasi agar pengawasannya bukan lepas,” ucapnya.

Kepada Menhub, Kapolri, dan juga Panglima TNI, Didiek Hartantyo menjelaskan berbagai persiapan yang mana sudah pernah dilaksanakan oleh KAI pada menyambut dan juga melayani penumpang kereta api yang dimaksud akan mudik.

Ia menuturkan bahwa berbagai persiapan yang dimaksud meliputi pengecekan sarana lalu prasarana kereta api, pelayanan di tempat stasiun serta selama perjalanan di area menghadapi kereta api, juga kesiapan pegawai mulai dari para pejabat pada area sampai para frontliner.

“Kami berharap perjalanan mudik yang tersebut dijalankan oleh publik yang menggunakan transportasi kereta api dapat diadakan dengan penuh keceriaan dan juga bermakna,” ujarnya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *