Menhub sebut mudik Lebaran beri dampak signifikan bagi sektor ekonomi

Market18 Dilihat

IDN Bisnis Mudik (Lebaran akan) memberikan pergerakan perekonomian yang baik sekali ke daerah

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan aktivitas mudik Lebaran 2024 M/1445 Hijriah akan segera memberi dampak signifikan terhadap peningkatan pergerakan perekonomian publik utamanya di tempat area para pemudik.

“Mudik (Lebaran akan) memberikan pergerakan kegiatan ekonomi yang baik sekali ke daerah,” kata Menhub Budi ketika menjadi pembicara kunci di kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Mudik Ceria Penuh Makna, Tantangan lalu Kesempatan Pelaksanaan Angkutan Lebaran Tahun 2024 M/1445 Hijriah pada Jakarta, Jumat.

Budi menyampaikan hal yang dimaksud merujuk pada Kamar Dagang juga Industri (Kadin) Indonesia yang dimaksud memprediksi bahwa perputaran uang selama bulan Ramadhan dan juga libur Lebaran 2024 diperkirakan akan meningkatkan perkembangan sektor ekonomi pada kuartal 1 tahun 2024 lalu diprediksi mencapai Rp157,3 triliun.

"Artinya pergerakan pada angkutan Lebaran (akan) menciptakan prospek dan juga faedah yang mana sangat bernilai,” ucap Budi.

Menhub menuturkan berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub bersatu Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Kominfo, Telkomsel, pakar transportasi, dan juga akademisi telah terjadi mengadakan survei pergerakan penumpang, dengan hasil 193,6 jt penduduk Indonesia berpotensi melakukan perjalanan mudik.

Menurut Budi nomor 193,6 jt yang dimaksud sangat besar sehingga mampu memacu perputaran perekonomian pada area atau kampung halaman para pemudik. Apalagi waktu libur Lebaran cukup lama yakni selama 10 hari, mulai 6-15 April 2024.

Budi menuturkan bahwa pemerintah telah dilakukan berupaya agar terwujud kesiapan pada semua sektor di menghadapi angkutan Lebaran tahun ini dapat berjalan aman lalu lancar.

Kementerian Perhubungan sama-sama para pemangku kepentingan sudah menyiapkan sarana juga prasarana di dalam semua moda transportasi di area antaranya sisi darat 30.780 bus Antar Daerah Perkotaan Antar Provinsi (AKAP) kemudian 144.441 pariwisata, kemudian sisi penyeberangan 213 unit kapal.

Selanjutnya pada sisi transportasi laut tersedia 26 kapal penumpang, 107 kapal perintis kemudian 1208 kapal swasta. Dari penerbangan, terdapat 420 pesawat yang siap beroperasi. Untuk kereta api, sebanyak 615 kereta api beroperasi setiap harinya untuk melayani perjalanan antar kota selama masa angkutan Lebaran.

“Angka 193 jt itu sangat besar, namun Presiden (Joko Widodo) menginstruksikan mudik harus tetap saja dilaksanakan dengan baik. Memang nomor survei juga memotret mereka itu yang dimaksud bergerak dalam wilayah aglomerasi. Kita juga telah dilakukan melakukan upaya untuk menciptakan ini tambahan baik,” tutur Budi.

Menurut Budi penyelenggaraan angkutan Lebaran merupakan salah satu bentuk ujian tentang sejauh mana kemampuan di menyelenggarakan pelayanan rakyat yang mana bernilai strategis. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan juga kepuasan umum terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

“Kementerian Perhubungan juga sudah pernah berkoordinasi dengan kementerian kemudian lembaga juga pemangku kepentingan lainnya untuk menyusun berbagai kebijakan pengaturan mobilitas masa Lebaran 2024,” ucap Budi.

Budi menambahkan untuk melaksanakan pemantauan, koordinasi dan juga kolaborasi antar petugas lalu seluruh pemangku kepentingan di tempat lapangan, pihaknya juga sudah pernah membentuk Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 pada Kantor Pusat Kementerian Perhubungan sejak tanggal 3 April 2024 sampai 18 April 2024.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *