Menko PMK segera tingkatkan infrastruktur di area Pelabuhan Jangkar Situbondo

Bisnis51 Dilihat

IDN Bisnis Kami ingin memotong jalur yang tersebut tiada lewat Bali ataupun Ketapang, tapi dari Pelabuhan Jangkar mampu dengan segera ke Pelabuhan Lembar (Lombok)

Situbondo – Menteri Koordinator Sektor Pembangunan Individu lalu Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan akan segera meningkatkan sarana di area Pelabuhan Jangkar, Daerah Situbondo, Jawa Timur, seiring mulai beroperasinya akses penyeberangan ke Indonesia bagian timur.

"Selama ini penyeberangan ke pulau-pulau kecil dalam sekitar Pulau Jawa mengandalkan Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi), seperti ke Lombok harus menyeberang lewat Ketapang, sampai Bali harus menyeberang lagi ke Lombok," katanya ketika meninjau arus mudik Lebaran 2024 di dalam Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jatim, Sabtu.

Muhadjir menyatakan bahwa Pelabuhan Jangkar menjadi solusi untuk jalan pintas sampai ke Pelabuhan Lembar, Wilayah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) tanpa harus melintasi Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) juga Pulau Bali.

"Kami ingin memotong jalur yang digunakan tidaklah lewat Bali ataupun Ketapang, tapi dari Pelabuhan Jangkar bisa saja segera ke Pelabuhan Lembar (Lombok)," ujarnya.

Diakuinya ketika ini sarana pada Pelabuhan Jangkar belum memadai lantaran perluasan akses dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar masih baru beberapa bulan beroperasi.

Menurut Muhadjir, di waktu dekat pemerintah segera meningkatkan prasarana pelabuhan yang dimaksud selama ini melayani jasa angkutan penyeberangan ke beberapa kepulauan dalam Daerah Sumenep, Madura, itu.

Ia menambahkan, prospek penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar sangat positif serta dapat memotong kepadatan yang digunakan selama ini bertumpu di dalam Pelabuhan Ketapang, Kota Banyuwangi.

"Saya senang beroperasinya Pelabuhan Jangkar pada pelayanan arus mudik tahun 2024 ini akibat dapat menjadi pilihan warga menentukan moda transportasi tanpa harus sangat ke Pelabuhan Ketapang," tutur Muhadjir.

Penjabat (Pj) Gubernur JawaTimur Adhy Karyono menyampaikan bahwa Pemprov Jatim sudah mengambil alih pengelolaan Pelabuhan Jangkar untuk ditingkatkan fasilitasnya termasuk peningkatan infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Jangkar yang digunakan telah mulai dibangun.

"Sebentar lagi akses pelebaran jalan akan kami rampungkan, lalu kami sharing dengan Pemkab Situbondo untuk pelebaran jalan. Pemkab Situbondo sudah ada mengalokasikan pembebasan bangunannya, kemudian kami pelebaran jalannya," katanya.

Akses penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar menuju Pelabuhan Lembar mulai beroperasi sejak 15 Agustus 2023.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *