Menparekraf: UMKM perekonomian kreatif di dalam Karo telah tumbuh

Bisnis85 Dilihat

Kami meninjau UMKM perekonomian kreatif telah banyak berprogres pada sini

Medan – Menteri Perjalanan lalu Sektor Bisnis Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengutarakan bahwa perniagaan mikro kecil menengah (UMKM) sektor ekonomi kreatif di Wilayah Karo, Sumatera Utara, sudah ada berbagai berkembang.

"Kami mengamati UMKM dunia usaha kreatif sudah ada banyak berprogres pada sini," ujar Sandiaga ketika hadir di Festival Bunga kemudian Buah 2024 pada Taman Mejuah-Juah Kecamatan Berastagi Daerah Karo, Jumat.

Lebih lanjut, Sandiaga menyatakan barang yang ditampilkan sangat unik dengan menunjukkan produk-produk yang mana terbaik pada kawasan super prioritas Danau Toba.

"Saya telah merasakan kopi Karo, rasanya tak kalah dengan kopi internasional lainnya," tuturnya.

Perkembangan UMKM pada acara nasional ini, juga terlihat dari antusias setiap Desa dalam Karo. Sandiaga memaparkan sekitar 250 desa kemudian 17 kecamatan dalam Karo berlomba-lomba untuk miliki produk-produk hasil wilayahnya yang ditampilkan di acara karnaval mobil hias tersebut.

Oleh lantaran itu, Menparekraf menyatakan kegiatan yang digunakan masuk jadwal Karisma Event Nusantara (KEN) harus ditingkatkan salah satunya menghadirkan bidang olahan.

Sandiaga juga mengingatkan agar lebih tinggi tumbuh lagi, semua harus bersinergi, melakukan gerak cepat, gerak sama-sama dan juga menggarap prospek untuk menciptakan lapangan kerja untuk "Indonesia Emas".

Kepala Daerah Karo Cory Sriwati Sebayang menyatakan kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno mengakibatkan kemajuan Tanah Karo baik pada acara nasional maupun bidang pariwisata.

"Ada 160 UMKM yang dimaksud berada ke pada area selain dalam luar, ini otomatis sanggup meningkatkan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Berbagai barang UMKM yang digunakan dipamerkan ke acara festival bunga lalu buah yakni olahan makanan ringan, lampu hias dan juga kerajinan tangan kayu, hasil pertanian Karo juga lainnya.

Pemkab Karo berusaha mencapai sebanyak-banyaknya 80.000 sampai 90.000 wisatawan hadir dalam acara festival bunga juga buah, dalam Taman Mejuah-Juah Berastagi, Daerah Karo pada 4-6 Juli 2024.

Artikel ini disadur dari Menparekraf: UMKM ekonomi kreatif di Karo sudah berkembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *