Mentan tinjau kedudukan bencana di Agam anggarkan bantuan Mata Uang Rupiah 10 miliar

Bisnis28 Dilihat

Lubuk Basung,- –

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran meninjau tempat kejadian bencana banjir bandang lahar dingin di dalam Kota Agam, Sumatera Barat dan juga akan membantu Rp10 miliar di dalam sektor pertanian.

 

"Pertama kami menyampaikan duka mendalam bagi korban. Saya telah terima laporan sekitar 450 hektare sawah alami puso dan juga 1.600 vegetasi rusak. Kami anggarkan bantuan segera senilai Rp10 miliar," tegasnya.

 

Mentan didampingi Pemimpin wilayah Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Pimpinan Daerah Agam Andri Warman dan juga Komandan Kodim 0304 Agam kemudian Kapolresta Bukittinggi mengelilingi persawahan warga ke Desa Bukik Batabuah yang digunakan rusak total diterjang aliran air banjir lahar dingin Gunung Marapi.

 

"Selain Rp10 miliar untuk puso. Kami upayakan berikan bantu juga sebagai benih gratis, pupuk, alat mesin pertanian. Total mampu hingga Rp20 miliar digeser ke Sumatera Barat," kata Mentan.

 

Ia menegaskan anggaran yang sudah ada ditetapkan itu harus segera ditindaklanjuti oleh kepala dinas pemerintah area setempat agar bisa jadi digunakan secepatnya.

 

"Sumatera Barat ketika ini perlu perhatian serta penanganan khusus sesegeranya. Rencana kerja Kementan RI pun yang dimaksud awalnya ke China kami tunda juga arahkan ke sini," kata dia.

 

Mentan menyatakan area sawah warga secara teknis akan dibangun kembali. Ia secara spontan memohon Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam Sumbar untuk menjadi pemimpin proyek perbaikan sawah dan juga pertanian warga.

 

"Selesaikan paling lama satu bulan sudah ada dikerjakan, kalau bisa jadi di dua minggu. Maksimalkan, kasihan warga petani kita, saya support," kata Amran.

 

Sementara itu Kepala daerah Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengucapkan melawan perhatian besar dari Mentan Amran kemudian menyatakan di waktu pendek seluruh pendataan pertanian terdampak diselesaikan.

 

"Alhamdulillah bantuan untuk warga Sumatera Barat di dalam sektor pertanian. eksekutif provinsi segera berkoordinasi dengan bupati area terdampak pada pendataan juga hal yang dibutuhkan," katanya. 

 

Artikel ini disadur dari Mentan tinjau lokasi bencana di Agam anggarkan bantuan Rp 10 miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *