Mozilla Sebut Aturan Baru Browser Apple Menyakitkan untuk Firefox

Techno14 Dilihat

IDN Bisnis WASHINGTON – Mozilla menyatakan aturan browser baru Apple sangat menyakitkan untuk Firefox. Aturan tersebut, yang diberlakukan pada bulan Januari 2024, mengizinkan peramban pihak ketiga menggunakan mesin mereka sendiri pada iOS di tempat wilayah Uni Eropa.


Seperti dilansir dari The Verge, Hari Senin (29/1/2024), Namun, Mozilla berpendapat bahwa pembatasan yang mana diterapkan Apple justru menyulitkan browser lain seperti Firefox.

Aturan yang disebutkan mengharuskan peramban pihak ketiga menggunakan mesin rendering milik Apple, WebKit.

Mozilla berpendapat bahwa hal ini akan menyebabkan peramban pihak ketiga lebih besar sulit untuk bersaing dengan Safari, peramban default Apple yang digunakan menggunakan WebKit.

“Apple sengaja mempersulit kompetitor Safari untuk memberikan pilihan lalu persaingan yang digunakan sesungguhnya terhadap pengguna,” kata Damiano DeMonte, juru bicara Mozilla.

Mozilla juga mengungkapkan bahwa aturan yang disebutkan melanggar peraturan antimonopoli Uni Eropa. Korporasi yang dimaksud sudah pernah mengajukan gugatan ke Komisi Eropa, komisi antimonopoli Uni Eropa.

Aturan browser baru Apple telah dilakukan menuai kritik dari berbagai pihak. Selain Mozilla, Google juga Microsoft juga telah terjadi mengkritisi aturan tersebut.

Google mengungkapkan bahwa aturan yang disebutkan akan “mengurangi pilihan dan juga inovasi” bagi pengguna. Microsoft mengungkapkan bahwa aturan yang disebutkan akan “menghambat persaingan” dalam pangsa browser.

Belum jelas bagaimana aturan browser baru Apple akan berdampak pada Firefox. Namun, Mozilla mengungkapkan bahwa aturan yang disebutkan akan menciptakan Firefox lebih tinggi sulit untuk bersaing dengan Safari.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *