Skor operasi Livin’ Mandiri capai Rp921 triliun di dalam kuartal I 2024

Finansial11 Dilihat

Hal ini menunjukkan bahwa Livin’ telah lama berhasil berubah jadi pilihan utama pelanggan retail mulai dari inisiasi tabungan hingga transaksi

Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat nilai operasi melalui perangkat lunak Livin' by Mandiri pada kuartal I 2024 sudah pernah menembus Rp921 triliun atau berkembang 27,4 persen secara tahunan (YoY) apabila dibandingkan dengan kuartal I 2023.

"Sebagai komitmen dari Bank Mandiri pada perubahan fundamental digital pada melayani nasabah, Bank Mandiri telah dilakukan memberikan layanan terbaik melalui perubahan Livin' by Mandiri sebagai single super app dengan layanan banking lalu beyond banking yang lengkap pada satu aplikasi," kata Direktur Teknologi Berita Bank Mandiri Timothy Utama pada waktu konferensi pers virtual dalam Jakarta, Selasa.

Adapun besar kegiatan dalam Livin' by Mandiri mencapai 846 jt proses pada kuartal I 2024 atau meningkat 41,7 persen secara YoY, dengan jumlah total pengguna mencapai 24,4 jt atau meningkat pesat 40 persen secara YoY.

Kehadiran Livin' by Mandiri sudah pernah berkontribusi pada peningkatan pendapatan non bunga perseroan, yang tersebut tercermin dari fee based income (FBI) Livin' by Mandiri sebesar Rp557 miliar atau naik 25,5 persen secara YoY.

Timothy mencatat, sebanyak 84 persen tabungan baru sudah dibuka melalui Livin' by Mandiri. Selain itu, 90 persen pengguna addressable sudah berubah menjadi user registered Livin' by Mandiri kemudian 93 persen proses non-tunai retail telah lama diwujudkan melalui Livin' by Mandiri.

"Hal ini menunjukkan bahwa Livin' sudah pernah berhasil berubah menjadi pilihan utama pengguna retail mulai dari pengaktifan tabungan hingga transaksi," kata dia.

Timothy mengatakan, peningkatan kinerja Livin' by Mandiri yang digunakan solid hingga Maret 2024 tak terlepas dari beraneka pengembangan yang tersebut terus dihadirkan.

Hingga Maret 2024, lanjut Timothy, Livin' by Mandiri berhasil meluncurkan lebih lanjut dari 110 ciri baik layanan finansial maupun layanan gaya hidup (lifestyle) sesuai keperluan sehari-hari nasabah. Beberapa layanan terbaru antara lain Livin' Paylater, Livin' Tap To Pay, dan juga Tap To Pay Multicurrency.

Sepanjang kuartal I 2024, Bank Mandiri juga mencatatkan data perkembangan besar lalu nilai kegiatan QRIS yang dimaksud masing-masing meningkat sebesar 3,3 kali YoY juga 3,4 kali YoY. Sedangkan besar lalu nilai proses valuta asing (valas) melalui Livin' by Mandiri tiap-tiap tercatat meningkat 6,1 kali YoY dan juga 9,2 kali YoY.

Dari sisi pinjaman ritel, Bank Mandiri mencatatkan data perkembangan konversi cicilan kartu kredit melalui Livin' by Mandiri meningkat 2,4 kali YoY. Sementara kontribusi konversi cicilan kartu kredit Livin' by Mandiri terhadap bankwide berkembang menjadi 86 persen YoY.

Selain ciri pinjaman, Livin' by Mandiri juga dilengkapi dengan bervariasi layanan pilihan pembangunan ekonomi untuk pembelian obligasi kemudian reksadana. Timothy mengatakan, pada waktu ini tambahan daripada 90 persen kegiatan pembangunan ekonomi klien retail sudah pernah diwujudkan pada Livin' by Mandiri.

Selanjutnya, Timothy menyampaikan bahwa pengembangan item merupakan hal yang penting bagi Bank Mandiri. Menurutnya, penanaman modal terhadap teknologi yang mana terus diperbarui memberi kapabilitas bagi Bank mandiri untuk meluncurkan ciri baru setiap bulan.

"Dalam waktu dekat kami akan menghadirkan layanan terbaru seperti solusi pinjaman retail baru untuk terus melengkapi journey pinjaman pelanggan di dalam Livin'. Selain itu, Livin' juga akan menghadirkan platform loyalty terbaru untuk meningkatkan engagement nasabah," kata Timothy.

 

Artikel ini disadur dari Nilai transaksi Livin’ Mandiri capai Rp921 triliun di kuartal I 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *