Nvidia-Indosat Bawa Kabar Kaget, Gibran Happy Bilang Begini

Techno62 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Indosat dan Nvidia, perusahaan produsen chip Artificial Intelligence terbesar dunia, membawa kabar baik buat Gibran. Kedua perusahaan yang dimaksud akan merancang pusat Artificial Intelligence senilai US$ 200 jt (Rp 3 triliun) di dalam Solo.

Kabar perihal rencana Indosat dan Nvidia diungkapkan oleh Menteri Komunikasi lalu Informatika Budi Arie Setiadi. Ia mengungkapkan pusat Teknologi AI yang disebutkan akan didirikan pada Solo Techno Park.

“Ada komitmen dari Nvidia dan juga Indosat untuk berinvestasi senilai US$ 200 jt alias 3 triliun rupiah untuk memulai pembangunan Indonesian Kecerdasan Buatan Nation,” kata beliau ketika ditemui media dalam Kantor Kominfo, Rabu (3/4/2024).

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kegembiraannya mendengar kabar tersebut.

Ia melontarkan komentar singkat di area berita tentang rencana Indosat dan Nvidia yang diunggah di area Instagram CNBC Indonesia.

“🔥🔥gas,” kata Gibran yang sama-sama Prabowo Subianto telah terjadi ditetapkan sebagai pasangan pemenang Pilpres 2024 oleh KPU.

Sebelumnya, Gibran sempat menyinggung tentang kecerdasan buatan di salah satu turnamen debat capres-cawapres. Ia mengatakan Artificial Intelligence sebagai salah satu bidang yang mana harus dikejar di program hilirisasi digital.

Ia berjanji akan menyiapkan anak-anak muda yang mana ahli di bidang digital untuk menyokong hal ini.

“Kami akan siapkan anak-anak muda yang ahli Artificial Intelligence (AI), ahli blockchain, ahli robotik, ahli perbankan syariah, ahli kripto,” tegas Gibran. “Narasi besarnya pada di sini adalah keberlanjutan, percepatan, lalu penyempurnaan.”

[Gambas:Instagram]

Budi mengungkapkan Solo dipilih oleh Indosat dan Nvidia karena sumber daya manusia-nya telah mumpuni, begitu juga dengan infrastrukturnya.

“Pak Vikram (CEO Indosat) udah ungkapkan itu ke Pak Walikota ke {ak Gibran bahwa Indosat serta Nvidia komitmenn untuk penanaman modal pada bentuk infrastruktur kemudian peningkatan SDM senilai 200 jt dolar,” ujarnya.

“Nanti skemanya apa, ini masih dirapihkan di waktu dekat,” kata Budi menambahkan.

Artikel Selanjutnya Kominfo Siapkan Surat Ederan AI, Kasih Syarat Mutlak

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *