OIKN targetkan infrastruktur telekomunikasi beroperasi Agustus 2024

Bisnis15 Dilihat

IDN Bisnis Semuanya harus siap kemudian beroperasi pada Agustus tahun ini

Jakarta – Otorita Ibu Daerah Perkotaan Nusantara (OIKN) memiliki target infrastruktur telekomunikasi di tempat IKN harus telah siap dan juga beroperasi pada Agustus tahun ini.

"Semuanya harus siap dan juga beroperasi pada Agustus tahun ini," ujar Deputi Sektor Sarana juga Prasarana OIKN Silvia Halim pada Jakarta, Senin.

Silvia mengatakan, untuk infrastruktur telekomunikasi di tempat IKN mengadopsi prinsip atau strategi yang dimaksud disebut sebagai shared infrastructure of telecommunication atau infrastruktur sama-sama telekomunikasi.

Artinya penyediaan infrastruktur telekomunikasi seperti jaringan fiber optik, menara base transceiver station (BTS) dan juga sebagainya dilaksanakan oleh satu atau dua badan bisnis yang ditetapkan juga nantinya itu sanggup dimanfaatkan secara bersama-sama oleh badan bisnis jasa telekomunikasi lainnya.

"Istilahnya fisiknya satu tapi yang tersebut pakai serta memanfaatkan sanggup beramai-ramai. Jadi badan usaha – badan bidang usaha silakan melakukan business to business (b2b) siapa pun itu dengan penyedia infrastruktur yang digunakan kita tetapkan untuk supaya sanggup dimanfaatkan," kata Silvia.

Dia menambahkan bahwa OIKN telah menjalankan proses seleksinya secara terbatas pada tahun lalu, akibat memang benar dari aspek urgensi waktu.

OIKN melakukan secara terbatas di area mana OIKN menyeleksi dari sekelompok badan bisnis telekomunikasi yang tersebut memang benar pertama sudah ada memiliki izin pada ketika OIKN memulai proses seleksi tersebut, serta kedua yakni infrastruktur fisiknya memang sebenarnya telah ada pada Kalimantan Timur, khususnya Wilayah Penajam Paser Utara.

"Pada akhirnya kita menetapkan dua badan bidang usaha yakni Telkom Indonesia dan juga PLN Icon Plus untuk menyediakan infrastruktur bersatu telekomunikasi berbentuk jaringan fiber optik lalu menara BTS, sehingga semua badan usaha lainnya bisa jadi bekerja mirip dengan mereka," kata Silvia.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Otorita Ibu Pusat Kota Nusantara Republik Indonesia Nomor 011/SE/Kepala-Otorita IKN/X/2023 Tentang Pedoman Teknis Pemanfaatan Bersama Infrastruktur Telekom di area Wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Sub Wilayah Perencanaan IA Ibu Perkotaan Nusantara, penyelenggaraan telekomunikasi di tempat IKN menerapkan konsep pemanfaatan dengan infrastruktur telekomunikasi (shared telecommunication infrastructure).

Hal ini sejalan dengan konsep penyelenggaraan yang digunakan akan diusung di tempat IKN, yaitu pengerjaan berkelanjutan.

Dengan menerapkan konsep pemanfaatan bersatu infrastruktur telekomunikasi, maka terdapat efisiensi di pemanfaatan tata ruang maupun pengawasan dan juga pengendalian penyelenggaraan telekomunikasi.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *