OJK Beberkan Pemenuhan Kepemilikan Aktuaris pada Industri Asuransi Terkini

Finansial56 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan informasi terbaru terkait pemenuhan kepemilikan aktuaris pada perusahaan asuransi di dalam Tanah Air.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan kemudian Dana Pensiun Ogi Prastomiyono menyatakan perusahaan asuransi terus mengupayakan pemenuhan mengenai kepemilikan aktuaris perusahaan.

“Sampai dengan ketika ini, tercatat bahwa 96% perusahaan asuransi jiwa telah dilakukan memiliki aktuaris pada level Fellow Society of Actuaries of Indonesia (FSAI) dengan total FSAI yang dimiliki mencapai 240 orang,” kata beliau melalui jawaban tertoreh konferensi pers Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK), Kamis (22/2).

Ogi menyebutkan, dalam sisi perusahaan asuransi umum kemudian reasuransi tercatat 76% perusahaan sudah mempunyai aktuaris pada level FSAI dengan total FSAI mencapai 83 orang. Dia bilang, memang benar ketika ini terdapat dua perusahaan asuransi jiwa juga 19 perusahaan asuransi umum juga reasuransi yang dimaksud belum miliki aktuaris.

“Namun hal ini menunjukkan tren positif dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya pada lapangan usaha asuransi umum juga reasuransi,” sebut dia.

Ogi menambahkan, pihaknya akan terus memantau pemenuhan ketentuan aktuaris yang disebutkan sebagai implementasi Penyertaan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 117.

“Di mana peran aktuaris akan sangat penting pada berbagai lingkup bidang usaha perusahaan,” tandasnya.



Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *