OJK kemudian BEI siapkan aturan pembentukan ‘liquidity provider’ bagi saham

Finansial35 Dilihat

IDN Bisnis DKI Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, juga Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi menyatakan bahwa pihaknya lalu BEI sedang memproduksi aturan untuk membentuk liquidity provider untuk saham.

“Kita pada waktu ini sedang memproduksi aturan supaya liquidity provider itu dapat dijalankan di area bursa kita. Itu adalah prioritas kita,” ujar Inarno Djajadi pada CNBC Market Outlook 2024 yang mana dipantau secara daring pada Jakarta, Kamis.

Ia menyatakan bahwa liquidity provider yang tersebut ketika ini sudah ada terbentuk dalam Indonesia baru terbatas untuk beberapa komoditas keuangan, seperti waran terstruktur dan juga reksa dana Exchange-Trade Fund (ETF). Sementara untuk komoditas saham, entitas yang dimaksud belum ada.

“Bagi saham-saham yang tersebut memang sebenarnya perlu untuk menghasilkan suatu liquidity, kita membuka kesempatan bagi anggota bursa untuk melakukan aktivitas sebagai liquidity provider,” katanya.

Inarno menyatakan bahwa hadirnya liquidity provider merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pangsa saham menjadi lebih tinggi bergeliat juga meningkatkan likuiditas.

“Kita lihat perkembangan (pasar saham) cukup bagus, tetapi memang benar kita perlu terus meningkatkannya, baik dari sisi supply maupun sisi liquidity,” ucapnya.

Petinggi OJK yang dimaksud mengungkapkan pihaknya menimbulkan aturan umum mengenai liquidity provider, sementara kewenangan untuk merumuskan peraturan-peraturan teknis lebih banyak lanjut diserahkan terhadap Bursa Efek Indonesia untuk membuat.

“Sebetulnya kita itu justru melihatnya kalau aturan dari OJK itu lebih banyak terhadap rambu-rambunya terhadap liquidity provider, apa yang tersebut menjadi persyaratan sebagai liquidity provider. Nah hal-hal yang lebih banyak teknis tentunya ada di area Bursa Efek Indonesia,” ujarnya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *