OJK Terbitkan Aturan PSAK Internasional di dalam Pasar Modal

Market14 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Konsumen Standar Akuntansi Keuangan Internasional dalam Pasar Modal (POJK 26/2023) pada 17 Januari 2024.

Penerbitan POJK ini ditujukan untuk penyederhanaan penyampaian pelaporan keuangan bertujuan umum serta memberikan kepastian hukum bagi perusahaan terbuka yang dimaksud tercatat di dalam tambahan dari satu negara di menyusun laporan keuangan.

Selain itu, Otoritas pada keterangan resminya mengetakan penerbitan yang dimaksud merupakan tindakan lanjut dari komitmen pemerintahan Indonesia pada forum G-20, yang tersebut bertujuan untuk meningkatkan peringkat Indonesia dalam mata dunia. Ini adalah pada rangka menyokong dan juga meningkatkan penerapan standar akuntansi keuangan yang mana berkualitas juga diterima secara internasional.

Adapun substansi pengaturan POJK 26/2023 antara lain:

1. Ketentuan umum yang mana berisi definisi yang mana digunakan pada POJK ini antara lain definisi Emiten, Organisasi Terbuka Tercatat di dalam Lebih dari satu Negara, Ketentuan Akuntansi di area Lingkup Pasar Modal, Standar Akuntansi Keuangan Internasional, Penggunawan SAK Internasional, serta Laporan Tahunan.

2. Ketentuan mengenai penyusunan laporan keuangan dalam antaranya mencakup:

a. Ketentuan akuntansi yang tersebut menjadi acuan bagi perusahaan terbuka tercatat di area lebih lanjut dari 1 negara.

b. Kewajiban menyusun laporan keuangan sesuai ketentuan akuntansi bagi Perusahaan Terbuka Tercatat dalam Lebih Dari Satu Negara.

c. Pengaturan opsi untuk menyusun laporan keuangan sesuai SAK Internasional kemudian mengecualikan peraturan OJK terkait.

d. Tanggal efektif penerapan SAK Internasional bagi Penggunawan SAK Internasional.

e. Persyaratan pengungkapan yang wajib diadakan ketika memilih opsi untuk menggunakan SAK Internasional sebagai acuan penyusunan laporan keuangan.

f. Kewajiban bagi Penggunawan SAK Internasional untuk menerapkan SAK Internasional secara konsisten kemudian ketentuan peralihan ketika User SAK Internasional tak lagi menjadi perusahaan terbuka tercatat di dalam lebih lanjut dari 1 negara

Artikel Selanjutnya Sah! Roadmap Asuransi 2023-2027 Diketok OJK, Hal ini Isinya

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *