Operator Selular Blak-blakan Ancaman Starlink Masuk RI

Techno26 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Operator seluler membeberkan dampak dari masuknya layanan Starlink di dalam Indonesia. Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O.Baasir mengatakan, ada dampak negatif kalau Starlink beroperasi dalam di negeri tapi tidak ada menggunakan IP lokal.

Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila tidak IP lokal maka berarti jaringannya dengan segera tersambung ke Amerika. Artinya pemerintah Indonesia tidaklah punya kontrol melawan mereka.

Dan apabila pemerintah tidaklah bisa saja melakukan kontrol, kemungkinan praktik perjudian online sanggup menjamur.

“Ekses negatifnya kalau IP tidak IP lokal, hal-hal negatif tidak ada mampu di dalam kontrol kan. Misalnya perjudian, salah satu contoh game online, judi online, (ini karena) IP nya nggak dikontrol dalam Indonesia, direct,” kata Marwan usai menyingkap sama-sama pada kawasan Kuningan, Ibukota Selatan, Kamis (4/4/2024).

Starlink Indonesia Beda dengan Starlink di AS

Sebelumnya, Menteri Komunikasi juga Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa jadwal uji coba internet Starlink dalam IKN masih dibicarakan. Namun, ia meyakinkan bahwa Starlink bisa jadi dengan segera menyediakan internet ke konsumen pada skema B2C.

“Yang jelas bisnisnya harus fair, level of playing field-nya harus fair, semua harus ikuti regulasi yang tersebut ada,” kata Menkominfo, Rabu (3/4/2024).

Lebih lanjut, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan juga Informatika, Wayan Toni Supriyanto menegaskan bahwa perusahaan yang digunakan menjalankan layanan Starlink di dalam Indonesia adalah perusahaan yang dimaksud berdomisili di dalam Indonesia, berbeda dengan Starlink global.

“Jadi beda loh Starlink global lalu Indonesia. Mereka global ya Starlink aja, kalau Starlink Indonesia pemegang izin VSAT kemudian ISP nanti jadi beliau seperti pelaksana pada Indonesia lainnya,” katanya.

Starlink Indonesia membeli perangkat stasiun bumi serta akses internet ke Starlink. Kemudian, perangkat lalu akses internet yang disebutkan digunakan untuk menyediakan layanan internet untuk pengguna dalam RI.

“Beli internetnya ke Starlink global, jangan disamakan dengan mereka, makanya harus merancang hub di area sini,” kata Wayan.

Menurut pantauan CNBC Indonesia, situs Starlink Indonesia bahkan telah mengudara, juga telah ada nilai tukar berlangganan juga komoditas yang mana ditawarkan. Harga langganan untuk paket ‘Standar’ yang digunakan disebut cocok untuk keluarga adalah Rupiah 750.000 per bulan.

Artikel Selanjutnya Elon Musk Ajak Warga Italia Punya Anak Banyak-Banyak

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *