Pajak jadi komponen penting, Menkeu minta rakyat segera lapor SPT

Finansial26 Dilihat

IDN Bisnis Kita lihat bahwa pajak menjadi komponen yang mana sangat penting untuk menjalankan kegiatan bernegara, teristimewa bagi publik yang mana mendapatkan banyak dukungan dari pemerintah. Saya mengimbau penyerahan SPT untuk disampaikan secara tepat waktu kemudian tepat

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memohonkan warga segera melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan mengingat peran pajak yang tersebut menjadi komponen penting pada fiskal negara.

“Kita lihat bahwa pajak menjadi komponen yang sangat penting untuk menjalankan kegiatan bernegara, teristimewa bagi publik yang mana mendapatkan berbagai dukungan dari pemerintah. Saya mengimbau penyerahan SPT untuk disampaikan secara tepat waktu serta tepat informasi,” kata Sri Mulyani pada waktu konferensi pers APBN KiTa edisi Maret 2024 di area Jakarta, Senin.

Khususnya, lanjut Sri Mulyani, untuk seluruh warga negara yang dimaksud memiliki pendapatan di area menghadapi pendapatan tidaklah kena pajak (PTKP), mengingat penutupan lapor SPT Tahunan bagi wajib pajak orang pribadi tinggal lima hari lagi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo melaporkan jumlah total wajib pajak yang dimaksud sudah pernah melaporkan SPT Tahunan per 24 Maret 2024 pukul 23.00 Waktu Indonesia Barat mencapai 10,16 juta, meningkat 8,24 persen dibandingkan dengan periode yang mana identik tahun sebelumnya yang mana tercatat sebanyak 9,38 jt SPT.

Jumlah SPT yang dilaporkan melalui e-filling mencapai 8,94 juta, naik dari tahun lalu sebanyak 8,15 juta. Sementara Sedangkan yang mana dilaporkan melalui e-form sebanyak 970.169 SPT lalu manual 246.826 SPT.

“Jadi, relatif sebagian besar SPT disampaikan melalui e-filling,” ujar Suryo.

Untuk mengoptimalkan penyampaian SPT, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan terus membuka layanan di area luar kantor, walau ketika hari libur.

DJP juga menguatkan saluran-saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi, salah satunya melalui email.

Namun, Suryo mengingatkan publik untuk berhati-hati dengan upaya penggelapan yang mana mengatasnamakan DJP.

“Tolong abaikan instruksi yang dimaksud tidaklah berasal dari djp.go.id atau pajak.go.id. Ini adalah yang tersebut kemungkinan besar wajib pajak rutin mendapat informasi yang dimaksud tak sesuai, kami khawatir ini adalah penipuan,” kata dia.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *