Pedagang kopi keliling dalam Merak raup untung selama arus mudik

Bisnis20 Dilihat

IDN Bisnis Cilegon – Sejumlah pedagang kopi keliling di dalam dermaga Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, selama masa mudik lebaran meraup keuntungan sehingga mampu menopang dunia usaha keluarga.

Suwarsih (45) warga Perkotaan Cilegon, Banten, Sabtu, mengaku mendapat keuntungan berkali lipat dengan berdagang kopi keliling dalam sekitaran Pelabuhan Merak.

 

"Kami biasanya di dalam hari normal pulang mampu menghadirkan keuntungan Rp100 ribu saja, namun pada waktu momen mudik ini rata-rata Rp300-500 ribu per hari," katanya.

"Kalau saya jualan kopi ini ada agennya gitu, jadi ambil barangnya di dalam dia, dengan modal Rp1 juta," katanya.
 

Ia mengaku berjualan kopi mulai dari pukul 17.00 Waktu Indonesia Barat serta pulang keesokan harinya pukul 05.00 WIB.

 

Para penjual kopi keliling di tempat Pelabuhan Merak dapat meraup keuntungan besar ditentukan ramainya serta padatnya kendaraan di area dermaga Pelabuhan Merak.

 

Marsiah (39) peniaga kopi keliling lainnya pada Dermaga 5 Pelabuhan Merak mengaku telah berjualan kopi di area Pelabuhan Merak selama lima tahun.

 

"Kalau kami jualan di area sekitar Pelabuhan ini resmi udah daftar secara langsung sebanding ASDP nya, saya kebetulan sudah ada lima tahun jualan di dalam sini," katanya.

 

Selama para pemudik menanti antrean ke melawan kapal, dia memesan kopi dengan tarif Rp5.000 per gelas, selain kopi dirinya juga menyiapkan makanan lainnya seperti pop mie.

 

"Kebanyakan pembeli kopi itu, para pengemudi kendaraan yang dimaksud mengantisipasi ke menghadapi kapal untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni," katanya.

 

Dalam setahun para penjual kopi keliling ketiban rejeki pada ketika masa angkutan Lebaran, Idul Adha, juga Natal dan juga Tahun Baru, oleh sebab itu pada momen yang dimaksud terjadi lonjakan kendaraan pemudik.
 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *