Pegadaian bangun masjid berkonsep hijau membantu prasarana berkelanjutan

Bisnis9 Dilihat

IDN Bisnis Masjid ini masjid pertama Pegadaian di area Sumatera, sebelumnya kami telah memulai pembangunan pura dalam wilayah Yogyakarta juga beberapa rumah ibadah lainnya

Jakarta – PT Pegadaian merancang Masjid Al Hikmah di dalam Rest Area KM 45 A Jalan Tol Trans Sumatera Pekanbaru-Dumai dengan konsep hijau untuk menggalang pengerjaan infrastruktur sosial yang tersebut berkelanjutan juga memberikan partisipasi positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Pegadaian bersyukur memiliki kesempatan untuk berbuat baik untuk kemajuan masyarakat. Apalagi adanya teknologi yang dimaksud bagus lalu menerapkan prinsip keberlanjutan lingkungan, sehingga kami berharap agar masjid ini dapat menjadi tempat ibadah yang mana nyaman” ucap Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan di pernyataannya pada Jakarta, Sabtu.

Ia menyatakan bahwa penyelenggaraan masjid yang tersebut diadakan melalui kolaborasi dengan PT Hutama Karya (Persero) yang disebutkan merupakan wujud dukungan perusahaan terhadap kegiatan spiritual kemudian sosial di dalam masyarakat, khususnya bagi para pengguna Jalan Tol Trans Sumatera.

Rumah ibadah yang dimaksud miliki luas mencapai 421 meter persegi juga mampu menampung hingga 300 orang yang dimaksud mengusung konsep green architecture dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan lingkungan berbasis lingkungan, sosial, kemudian tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).

Bangunan yang dimaksud menggunakan teknologi double facade lalu building envelope untuk mereduksi panas, dan juga green roof untuk membantu menyaring debu serta menyejukkan ruangan.

Selain itu, proses pembuatan maupun ornamen hiasan masjid yang dimaksud dibangun dengan mengadopsi unsur-unsur kebudayaan setempat sesuai dengan kearifan lokal.

Misalnya, atap masjid berbentuk lipat pandan yang tersebut merupakan salah satu jenis atap rumah adat khas Melayu dengan ciri khasnya yang digunakan curam yang melambangkan keagungan serta ketinggian budaya.

Damar berharap para jemaah dapat terus-menerus menjaga kebersihan kemudian keindahan Masjid Al Hikmah, sehingga rumah ibadah yang dimaksud dapat terus menjadi tempat ibadah yang digunakan nyaman bagi penduduk setempat maupun pengendara yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera.

“Masjid ini adalah masjid pertama Pegadaian di area Sumatera, sebelumnya kami telah merancang pura dalam area Yogyakarta kemudian beberapa rumah ibadah lainnya di tempat berbagai area sebagai wujud Pegadaian Peduli Rumah Ibadah,” ujarnya.

 

   

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *