Pemberdayaan Jadi Kunci Penting Berhasil Rencana PNM Mekaar

Finansial37 Dilihat

IDN Bisnis PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memaparkan keberhasilan inisiatif PNM Membina Sektor Bisnis Keluarga Sejahtera atau Mekaar, yang mana juga menjadi bagian dari Holding Ultra Mikro. Sekretaris Perusahaan PT PNM, Dodot Patria Ari menjelaskan kinerja Holding Ultra Mikro melalui Mekaar berdampak positif bagi peningkatan kualitas hidup segmen ultra mikro. 

“Kami bukanlah belaka berfokus pada pembiayaan tapi juga pemberdayaan para pelanggan melalui pembiayaan serta pendampingan,” kata Dodot pada Kontan.co.id belum lama ini. 

Sejak akhir tahun 2021, PNM serta Pegadaian bersinergi bersatu BRI pada Holding Ultra Mikro. Holdingisasi ini mempunyai tujuan pada menguatkan pembiayaan ultra mikro di area Indonesia. 

Segmentasi pembiayaan juga semakin jelas sehingga pelanggan yang digunakan naik kelas dapat terus didorong dengan pendampingan yang tepat. 

Menurutnya, sinergi ini dapat meberikan kemudahan layanan bagi sluruh nasabh serta calon pelanggan PNM, Pegadaian, juga BRI. 

Meninjau sedikit tahun 2022 dan juga 2023, sudah ada didirikan co-locationyang mendukung cashless ecosystem dengan pengaktifan 7 jt akun Simpedes UMi lalu 90.000 agen Mekaar BRILink. 

Digitalisasi juga ditingkatkan dengan dikembangkannya SenyuM Mobile sebagai wadah cross-sellingBRI, PNM dan juga Pegadaian.

“Tidak sedikit ketua kelompok PNM Mekaar yang digunakan kemudian menjadi agen BRILink. Hal ini menyokong digitalisasi lalu askes untuk klien untuk kesempatan yang mana lebih tinggi besar lagi pada memajukan usahanya,” jelas Dodot. 

Dengan kerjasama ini jumlah agregat pelanggan BRI Mikro, PNM serta Pegadaian secara total dalam kuartal pertama 2023 sudah ada mencapai 36 jt pelanggan atau meningkat 12,5% year on year(yoy). 

“PNM sendiri di kuartal pertama 2023 menyumbang 14,6 jt klien kisaran dua bulan lalu kemudian kalau kita lihat data terkini jumlah agregat klien PNM Mekaar telah dalam bilangan 15 jt nasabah,” jelas Dodot.



Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *