pemerintahan siapkan stok pangan mencukupi untuk Lebaran 2024

Bisnis9 Dilihat

IDN Bisnis Walaupun Idul Fitri masih lama tetapi persiapannya dari sangat hari telah mulai dibahas

Jakarta – otoritas menjamin persiapan stok pangan nasional mencukupi untuk menghadapi bulan Ramadhan lalu Lebaran 2024, pada Maret hingga April mendatang.

Dalam rapat terbatas yang tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo dalam Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, dibahas antara lain persiapan stok pangan pokok teristimewa beras juga ayam dan juga telur.

“Kemudian dibahas juga persediaan stok jagung akibat itu adalah materi pakan untuk ayam petelur serta ayam potong sehingga stok jagung berkaitan dengan biaya ayam serta telur,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai mengikuti ratas tersebut.

Zulhas menyampaikan di rapat yang disebutkan pemerintah memutuskan untuk mempercepat importasi beras sebanyak 600 ribu ton yang mana merupakan sisa dari penugasan impor tahun lalu, selain penugasan impor sebanyak 2 jt ton beras untuk 2024.

eksekutif juga melakukan persiapan untuk operasi pasar, teristimewa untuk pengawasan distribusi beras kategori stabilisasi pasokan serta tarif pangan (SPHP).

“Walaupun Idul Fitri masih lama tetapi persiapannya dari berjauhan hari sudah ada mulai dibahas,” tutur Zulhas.

Sebelumnya, Badan Pangan Nasional (Bapanas) memperkirakan stok beras nasional yang digunakan mencapai 4 jt ton pada awal 2024 relatif mencukupi untuk menghadapi Lebaran.

“Nah ini sebenarnya relatif cukup pada rangka menghadapi sampai Lebaran lantaran ditambah dengan awal tahun atau di tempat bulan Januari pun ada beberapa wilayah yang akan panen kemudian disertai Februari, Maret,” kata Deputi Area Ketersediaan kemudian Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa ketika dihubungi ANTARA di tempat Jakarta, pekan lalu.

Ketut menuturkan dari total stok beras sebanyak 4 jt ton tersebut, Bapanas melalui Bulog menguasai stok Cadangan Beras pemerintahan (CBP) sebanyak 1,3 jt ton. Cadangan beras itu merupakan carry over dari tahun 2023 dan juga jumlahnya melebihi target yang mana ditetapkan pemerintah yakni 1,2 jt ton.

Ia menegaskan stok CBP sebanyak 1,3 jt ton yang disebutkan secara prinsip mampu menjadi bantalan sebelum panen raya yang digunakan diperkirakan terjadi pada April mendatang. Hal itu lantaran, pasokan CBP akan ditambah menjadi 3 jt ton sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

Penambahan stok beras guna menjaga stabilisasi tarif dan juga pasokan diadakan Bapanas dengan menerima hasil panen petani di negeri di area banyak tempat yang digunakan telah mulai melakukan panen awal pada Januari hingga Maret mendatang, ditambah dengan penugasan impor beras dari India juga Thailand dengan total 3 jt ton yang digunakan ditargetkan setengahnya dapat tiba pada Tanah Air sebelum April.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *