Pemkab Kudus siapkan Rp5,5 miliar untuk revitalisasi bursa tradisional

Market8 Dilihat

IDN Bisnis Posisi ke-7 bursa tradisional yang tersebut menjadi sasaran inisiatif revitalisasi tersebut, yakni Pasar Bitingan, Wates, Jember, Mijen, Kliwon, Kalirejo, dan juga Ngembalrejo

Kudus – Dinas Perdagangan Daerah Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran sebesar Rp5,5 miliar untuk revitalisasi tujuh lingkungan ekonomi tradisional sebagai upaya meningkatkan daya tarik rakyat berbelanja ke pasar.

"Ketujuh bursa tradisional yang menjadi sasaran kegiatan revitalisasi tersebut, yakni Pasar Bitingan, Wates, Jember, Mijen, Kliwon, Kalirejo, dan juga Ngembalrejo," kata Kepala Area Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto di tempat Kudus, Senin.

Ia mengungkapkan inisiatif revitalisasi dari masing-masing bursa berbeda-beda, dikarenakan ada yang mana diarahkan untuk perbaikan atap bangunan, ada yang tersebut digunakan untuk konstruksi los jualan, dan juga ada yang digunakan untuk peninggian guna menghindari genangan banjir.

Dari ketujuh bursa tersebut, kata dia, anggaran terbesar untuk inisiatif revitalisasi Pasar Bitingan sebesar Rp2 miliar, sedangkan bursa lainnya bervariasi.

Hanya saja, imbuh dia, acara revitalisasi untuk Pasar Bitingan mengawaitu serah terima dari pihak ketiga selesai, baru dapat dilaksanakan.

Untuk kegiatan revitalisasi dengan anggaran di dalam melawan Rp200 juta, maka tahapannya melalui proses lelang.

Di antaranya, ada Pasar Jember, Kliwon, Wates, kemudian Bitingan yang mana proses pengerjaannya melalui proses lelang. Sedangkan lainnya melalui penunjukan secara langsung sehingga sanggup dikerjakan bulan Januari 2024.

"Untuk perbaikan fisik bangunan pasar, maka pengerjaannya dilaksanakan pasca Lebaran dikarenakan para pedagang selama bulan Ramadhan menjadi musim panen buat mereka," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya acara revitalisasi yang mana anggarannya bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tersebut, maka kondisi lingkungan ekonomi tradisional di tempat Kudus semakin baik, sehingga sanggup meningkatkan minat kunjungan rakyat untuk berbelanja dalam pangsa tradisional.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *