Pemkab manfaatkan sumber daya perairan untuk pengembangan wisata

Bisnis18 Dilihat

Daerah Sukabumi banyak memiliki sumber daya air yang mana memiliki kemungkinan untuk dijadikan tempat kejadian tujuan wisata. Peluang yang dimaksud harus dimanfaatkan semaksimal mungkin saja pada upaya mengembangkan dunia wisata Wilayah Sukabumi yang berkelas dunia

Sukabumi, Jabar – otoritas Wilayah Sukabumi, Jawa Barat memanfaatkan beragam peluang sumber daya perairan baik tawar, payau maupun laut di upaya mengembangkan destinasi wisata berkelas dunia.

"Kabupaten Sukabumi berbagai miliki sumber daya air yang mana mungkin untuk dijadikan kedudukan tujuan wisata. Kemungkinan yang disebutkan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin saja di upaya mengembangkan planet wisata Wilayah Sukabumi yang berkelas dunia," kata Kepala Daerah Sukabumi Marwan Hamami ke Sukabumi, Jumat.

Menurut Marwan, Kota Sukabumi mempunyai garis pantai sepanjang 117 km, namun yang digunakan baru termanfaatkan ke bawah 50 persen. Belum lagi sumber daya air tawar, selama ini objek wisata yang tersebut paling dikenal wisatawan adalah arung jeram dalam Kecamatan Cikidang dan juga beberapa air terjun.

Padahal sumber air tawar seperti sungai juga mampu dimanfaatkan untuk dijadikan destinasi wisata lainnya seperti wisata pancing. Untuk memperkuat pengembangan wisata pancing ini, pihaknya gencar melepas liar bibit ikan ke aliran sungai, sekaligus memberikan edukasi tentang larangan pemanfaatan listrik dan juga racun untuk menangkap ikan.

Kemudian, sumber air payau yang digunakan dimiliki kabupaten terluas kedua di dalam Pulau Jawa lalu Bali ini, pihaknya sedang mengembangkan wisata edukasi yakni kolaborasi antara sektor budidaya perikanan sidat dengan wisata.

"Jika peluang sumber daya air dikelola maksimal selain untuk memenuhi keinginan dasar rumah tangga, juga mampu meningkatkan perekonomian wilayah khususnya masyarakat," tambahnya.

Marwan pun telah terjadi menginstruksikan terhadap dinas terkait untuk melakukan pemetaan terhadap kemungkinan perairan yang digunakan mampu dikembangkan untuk dijadikan objek wisata. Selain itu, di pemanfaatan prospek ini Pemkab Sukabumi selalu melibatkan segera penduduk pada hal pengelolaannya sehingga terjadi hubungan simbiosis mutualisme.

Artikel ini disadur dari Pemkab manfaatkan sumber daya perairan untuk pengembangan wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *