Pemkab Tanah Laut juga Probolinggo kerja sebanding penuhi bawang merah

Bisnis26 Dilihat

Kerja sejenis antara Pemkab Tanah Laut dengan Pemkab Probolinggo merupakan langkah strategis bagi kedua pihak,….

Probolinggo, Jawa Timur – otoritas Kota Tanah Laut, Kalimantan Selatan, dan juga pemerintahan Daerah Probolinggo, Jawa Timur,  menyetujui secara resmi perjanjian kerja sebanding untuk pemenuhan pasokan komoditas bawang merah.

"Kerja mirip antara Pemkab Tanah Laut dengan Pemkab Probolinggo merupakan langkah strategis bagi kedua pihak, teristimewa untuk menyimpan ketersediaan pasokan lalu keterjangkauan tarif bawang merah," kata Penjabat Pimpinan Daerah Probolinggo Ugas Irwanto di informasi tertoreh yang dimaksud diterima pada Sabtu.

Menurutnya ada beberapa kecamatan di dalam Daerah Probolinggo yang mana merupakan sentra bawang merah yaitu ke Kecamatan Dringu, Leces, Tegalsiwalan, Gending, Maron, Banyuanyar, Kraksaan dan juga juga ke Kecamatan Paiton.

"Di sentra-sentra yang disebutkan dapat membantu kelancaran suplai bawang merah, salah satunya ke Daerah Tanah Laut, Kalsel," tuturnya.

Sementara itu Pj Pimpinan Daerah Tanah Laut Syamsir Rahman menyampaikan terima kasih juga rasa syukurnya bisa jadi bekerja sebanding dengan Daerah Probolinggo lalu responnya sangat baik, dan juga cepat.

"Kami juga ingin belajar tentang pertanian bawang merah lantaran produksinya lebih tinggi ke Daerah Probolinggo sebab dalam Kota Tanah Laut terdapat beberapa kendala," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Daerah Probolinggo Susilo Isnadi mengungkapkan pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerja identik yang mana diwujudkan oleh Dinas Pertanian Kota Tanah Laut dengan Dinas Pertanian Wilayah Probolinggo.

Kerja sebanding itu intinya adalah transplantasi ilmu budidaya vegetasi bawang dari Kota Probolinggo ke Kota Tanah Laut dengan kerja identik penyediaan bibit, teknologi budidaya tanaman, pupuk kemudian sekolah lapang.

"Melalui perjanjian kerja mirip itu kami akan melakukan bimbingan yang digunakan dimulai dari penyertaan sampai setelahnya panen di Daerah Tanah Laut," ujarnya.

Pemkab Probolinggo memfasilitasi kerja mirip itu pada hal business to business yang dimaksud dimulai dari MoU antarpemerintah area yang digunakan tujuannya untuk membantu Wilayah Tanah Laut mencukupi keinginan bawang merah di daerahnya.

Penandatanganan MoU direalisasikan oleh Pj Kepala Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dengan Pj Kepala Daerah Tanah Laut Syamsir Rahman, sedangkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dijalankan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Tanah Laut Faried Widiyatmoko serta Plt. Kepala Dinas Pertanian Wilayah Probolinggo Susilo Isnadi, dilanjutkan oleh Kepala Dinas Koperasi lalu Perdagangan Kota Tanah Laut Syahrian Nurdin dengan kepala Dinas DKUPP Daerah Probolinggo Taufik Alami.

Artikel ini disadur dari Pemkab Tanah Laut dan Probolinggo kerja sama penuhi bawang merah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *