Pemkot Surakarta berharap Balekambang dibuka bulan ini

Bisnis15 Dilihat

Kami menanti serah terima dari Kementerian PU ke Pemkot Surakarta

Solo – otoritas Perkotaan Surakarta berharap Taman Balekambang mampu dibuka mulai bulan ini menyusul telah terjadi selesainya serangkaian revitalisasi yang digunakan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum kemudian Perumahan Rakyat.

"Kami mengantisipasi serah terima dari Kementerian PU ke Pemkot Surakarta," kata Kepala Dinas Kebudayaan serta Perjalanan Daerah Perkotaan Surakarta Aryo Widyandoko di dalam Solo, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengemukakan Wali Perkotaan Surakarta Gibran Rakabuming Raka berharap Taman Balekambang dapat segera dibuka sehingga mampu dinikmati oleh masyarakat umum.

"Sesuai harapan mas wali, inginnya dibuka secepatnya. Sepertinya ini telah siap, nanti kami lihat," katanya.

Meski demikian, diakuinya, hingga pada waktu ini belum diperoleh pihak ketiga yang dimaksud nantinya bertugas sebagai operator Taman Balekambang.

"Belum ada pihak ketiga," katanya.

Sementara itu, walaupun belum dibuka untuk umum, beberapa waktu terakhir Taman Balekambang telah digunakan untuk banyak kegiatan pemerintah. Terakhir, tepatnya pada minggu tak lama kemudian salah satu kompleks di dalam area yang disebutkan digunakan untuk Rembug Pembangunan Provinsi Jawa Tengah 2024 yang digunakan dihadiri oleh Penjabat Kepala daerah Jawa Tengah Nana Sudjana.

"Prinsipnya sebenarnya ini bisa saja dipakai, hari jadi kota nanti anak sekolah juga akan kami ajak," katanya.

Disinggung mengenai besaran tiket masuk yang dimaksud akan dikenakan terhadap para pengunjung, dikatakannya, apabila sesuai dengan Perda Perkotaan Surakarta Nomor 14/2023 tentang Pajak Daerah juga Retribusi Daerah, nilai tukar tiket masuk umum dalam Balekambang Rp5.000/orang.

"Tapi nanti akan ada evaluasi, seperti itu kalau Rp5.000 kok ora pantes (tidak sesuai)," katanya.

Artikel ini disadur dari Pemkot Surakarta berharap Balekambang dibuka bulan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *