Pemkot Surakarta optimistis status Adi Soemarmo tak pengaruhi wisata 

Bisnis29 Dilihat

Solo – otoritas Daerah Perkotaan Surakarta optimistis status Bandara Adi Soemarmo Solo yang digunakan turun dari internasional berubah menjadi domestik tiada memengaruhi kunjungan wisata ke area tersebut.

Sekretaris Dinas Kebudayaan serta Peluang Usaha Pariwisata Pusat Kota Surakarta Siti Khotimah pada Solo, Jawa Tengah, Hari Sabtu mengutarakan selama ini wisatawan di luar negara yang mana datang ke Solo biasanya dari kota lain, seperti Jakarta, Yogyakarta, serta Bali.

"Jadi wisatawan di luar negara ini tiada datang dengan segera dari negara-negara mereka, tetapi datang dari wilayah lainnya. Jadi limpahan dari Jakarta, Yogyakarta, kemudian Pulau Bali," katanya.

Pihaknya mencatatkan data pada tahun 2023 jumlah total wisatawan di luar negara yang tersebut berkunjung ke Solo sejumlah 10.120 orang, sedangkan wisatawan domestiknya mencapai 4.013.688 orang.

Angka ini meningkat signifikan jikalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada mana total wisatawan luar negeri tercatat banyaknya 3.171 khalayak serta untuk wisatawan domestik banyaknya 1.119.006 orang.

Menurut dia, wisatawan luar negeri yang dimaksud datang ke Solo mayoritas berasal dari beberapa negara ke Eropa. Ia mengutarakan merek lebih besar sejumlah berminat dengan objek wisata heritage atau bangunan bersejarah.

"Jadi untuk menantang wisatawan luar negeri itu tak melulu lewat penerbangan secara langsung dari luar negeri ke Solo. Oleh akibat itu, kami penting perkuat jaringan wisata dengan wilayah sekitar, yang mana paling dekat dengan Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, upaya lain yang dimaksud juga akan dilaksanakan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan, khususnya dari mancanegara, yakni mengoptimalkan acara budaya maupun seni baik skala lokal maupun internasional.

"Selain itu, nanti pelayanan pada wisatawan asing akan kami evaluasi serta diarahkan ke destinasi lain atau ke pusat-pusat transportasi yang lebih besar ramai," katanya.

 

Artikel ini disadur dari Pemkot Surakarta optimistis status Adi Soemarmo tak pengaruhi wisata 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *