Pengamat: Berita Baik Ketiga Cawapres Kepercayaan Jalankan Transisi Energi serta EBT

Bisnis25 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Pengamat sektor ekonomi energi Yayan Satyakti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) mengungkapkan ketiga calon perwakilan presiden (cawapres) miliki komitmen untuk menjalankan transisi energi serta memanfaatkan kemungkinan energi baru terbarukan (EBT) pada Indonesia di debat keempat antara para cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024.

“Kalau kita mengawasi para calon delegasi presiden memiliki komitmen yang mirip untuk menjalankan transisi energi, misalnya seperti dari calon duta presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka ada yang berkaitan dengan green jobs lalu transisi energi. Lalu dari calon perwakilan presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar juga sebanding kemudian kemudian dari calon delegasi presiden nomor urut 3 Mahfud MD juga mendiskusikan hal yang dimaksud sama,” ujar Yayan terhadap ANTARA pada Jakarta, Senin, 22 Januari 2024.

Menurut dia, ketiga calon perwakilan presiden mendiskusikan topik transisi energi juga energi baru terbarukan pada tataran kebijakan yang tersebut tentu nantinya dijabarkan dan juga ditindaklanjuti melalui kegiatan juga kebijakan teknis di area level kementerian pada pemerintahan baru mendatang.

Yayan juga menyoroti mengenai adanya komitmen dari para cawapres untuk mengimplementasikan kebijakan terkait transisi energi serta pemanfaatan EBT.

“Saya kira ini berita baik serta juga pentingnya mengenai implementasi seperti disampaikan calon delegasi presiden nomor urut 1 di menjalankan transisi energi,” kata Yayan.

Selain itu terdapat beberapa hal misalkan seperti Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang energi juga sebagainya yang juga menjadi hal sangat krusial yang dimaksud diungkapkan oleh calon duta presiden nomor urut 1 terkait RUU tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah lama menetapkan tiga pasangan capres-cawapres partisipan Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, lalu debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menyelenggarakan debat keempat yang mana mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, juga penduduk adat.

: Cak Imin juga Mahfud Md Kompak Soal Pembentukan Lembaga Baru Khusus Reforma Agraria

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *