Pengamat dorong rekonsiliasi nasional usai Pilpres 2024

Market27 Dilihat

IDN Bisnis Ibukota Indonesia – Pengamat urusan politik sekaligus peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mendorong adanya upaya rekonsiliasi nasional usai pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya kira ego politisi kita masih kelewat tinggi, bahwa pilpres ini siapa pun yang berkontestasi seharusnya menyadari risiko tentang kekalahan. Tidak mungkin saja semuanya sanggup menang, pasti ada pihak yang kalah, ada pihak yang mana menang,” kata Surokim pada keterangan ditulis diterima pada Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan perkembangan penghitungan rekapitulasi kata-kata tingkat nasional yang digunakan dijalankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah dipastikan bukan ada putaran kedua Pilpres 2024.

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah ada dipastikan menang Pilpres 2024 sekali putaran dengan meraih pendapat tambahan dari 50 persen.

Untuk itu, Surokim memacu pasangan calon nomor urut 1 kemudian 3 dapat menerima kenyataan serta mempersiapkan diri untuk rekonsiliasi nasional.

Menurut ia, warga akan mengapresiasi pihak yang digunakan kalah tetapi mau mengakui keunggulan lawan sebab yang dimaksud diperlukan ketika ini adalah sifat kedewasaan urusan politik serta kenegarawanan dari para kandidat yang tersebut kalah tersebut.

"Tetapi kalah secara terhormat juga penting, menang secara terhormat juga penting. Hari-hari ini yang digunakan diperlukan oleh masyarakat sebenarnya itu menebar sifat kenegarawanan lalu tambahan berbagai mengedukasi publik,” jelasnya.

Mengenai tuduhan kecurangan yang dimaksud dilontarkan kubu yang mana kalah, Surokim mengungkapkan pelaksanaan Pilpres 2024 ini diawasi berbagai pihak, baik masyarakat, media massa, lembaga survei maupun dunia internasional.

Meskipun di pelaksanaan pemilihan umum masih terdapat kekurangan, lanjut Surokim, para pihak yang mana menuduh curang itu juga perlu mengamati kerja keras para pelopor pemilihan umum dari melawan sampai tingkat paling bawah yang digunakan sudah ada bekerja secara baik kemudian profesional.

Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) telah dilakukan mengesahkan hasil Pilpres 2024 pada 33 dari 38 provinsi per Akhir Pekan (17/3) pukul 23.59 WIB.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tercatat unggul berdasarkan hasil sementara rekapitulasi tersebut.

Hasil sementara pilpres dari rekapitulasi pernyataan tingkat nasional pada 33 provinsi menempatkan Prabowo-Gibran unggul telak dengan perolehan 76.888.902 suara. Sedangkan pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan 31.118.204 pernyataan kemudian Ganjar-Mahfud 23.461.344 suara.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *