Pengelola tol Tangerang-Merak tambah mesin “tap out” gerbang tol Merak

Bisnis49 Dilihat

IDN Bisnis Banten – Pengelola jalan tol Tangerang-Merak menambah mesin pemindai kartu uang elektronik sehingga terdapat dua unit pada masing-masing pintu ketuk meninggalkan (tap out) di area Gerbang Tol Merak, Banten untuk membantu kelancaran arus mudik.

"Ini untuk membantu kelancaran kegiatan pada waktu menyeberangi Gerbang Tol Merak," kata petugas layanan tol Tangerang-Merak, Putriyani, di dalam Banten, Sabtu.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan petugas pengisian ulang nilai kartu uang elektronik dalam gerbang tol Merak untuk mempermudah proses pengendara yang digunakan kekurangan saldo.

Sebagai upaya mengempiskan sampah kertas juga meningkatkan kenyamanan transaksi, pengelola jalan tol juga menyediakan struk digital di tempat ruas tol yang digunakan dikelola, salah satunya pada tol Tangerang-Merak.

Hal ini ditujukan untuk mempersingkat waktu tunggu kendaraan ketika meninggalkan gerbang tol, sebab pengemudi bukan perlu lagi menanti mesin mengeluarkan struk manual.

Penggunawan jalan tol dapat mengunduh struk digital di dalam website astratol.co.id dengan menggunakan nomor kartu uang elektronik yang mana digunakan ketika mengetuk kartu di tempat gerbang tol.

Struk digital juga masih dapat diakses hingga 30 hari setelahnya kegiatan dilakukan.

Untuk mengantisipasi penguraian kepadatan menuju Pelabuhan Merak, pengelola tol juga melakukan berbagai upaya seperti peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, serta dukungan terhadap penerapan "delay system" oleh kepolisian.
 

Selain itu, dijalankan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portabel pada area peristirahatan lalu jalur tol, peningkatan kapasitas parkir di area area peristirahatan KM 43 A, dan juga peningkatan penyebaran layanan informasi publik.

Di jalan tol Tangerang-Merak, tercatat total sekitar 176 ribu kendaraan melintas pada 4 April 2024. Pada hari tersebut, sekitar 52 ribu kendaraan melintas memasuki ruas Tangerang Merak melalui pintu masuk Gerbang Tol Cikupa, meningkat sekitar 9,4 persen dibandingkan lalu lintas harian (LHR) normal.

Sedangkan jumlah total kendaraan dari arah DKI Jakarta yang mana menuju ke Gerbang Tol Merak tercatat sekitar 17 ribu kendaraan, meningkat 76 persen dibandingkan lalu lintas harian normal dan juga meningkat sekitar 33 persen dari 3 April 2024.

Adapun sejak 31 Maret 2024 hingga 4 April 2024 tercatat total sekitar 825 ribu kendaraan telah terjadi melintasi ruas tol Tangerang – Merak.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *