Penjualan Mobil RI Turun 18,4% di tempat Januari 2024, Empat Saham Otomotif Hal ini Sulit Ngegas

Bisnis50 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Angka pelanggan wholesales mobil pada Indonesia turun 18,4% Month-on-Month (MoM) di dalam bilangan bulat 69,6 ribu unit pada Januari 2024. Pengamat menilai kabar ini dapat menjadi pemberat bagi beberapa orang saham sektor otomotif .

Adapun kontraksi terhadap jualan pada bulan pertama tahun ini, salah satunya disebabkan oleh melemahnya jualan dari hampir seluruh brand. Tercatat merek Toyota serta Lexus anjlok 34,7% MoM, Mitsubishi turun 1,5% MoM, Honda melandai 0,1% MoM, Suzuki koreksi 17,1% MoM, serta Wuling jatuh 48,4% MoM.

Investment Analyst Stockbit, Michael Owen Kohana mengatakan, perdagangan mobil yang tersebut relatif lemah ini berpotensi menjadi sentimen negatif terhadap saham otomotif seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT Indomobil Maju Internasional Tbk (IMAS), PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), kemudian PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA).

“Ada beberapa faktor penurunan, seperti melambatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia. Kepada Stockbit, Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, mengungkapkan lemahnya jualan mobil dipicu oleh diperketatnya leasing approval,” kata Michael pada risetnya, Hari Jumat (16/2/2024).

Calon pembeli mobil juga dinilai cenderung untuk wait and see mengawaitu kepastian hasil pemilihan umum atau pilpres 2024. Penurunan juga dipengaruhi oleh euforia calon pembeli mobil yang mana mengawaitu peluncuran beberapa beberapa brand mobil listrik baru di dalam Indonesia, seperti BYD dan juga Vinfast.

“Kita tahun peluncuran resmi dan juga detail menghadapi perdagangan mobil BYD dan juga Vinfast masih berlangsung di tempat acara IIMS pada 15–25 Februari 2024,” paparnya.

Hingga hari terakhir pekan (16/2) pukul 14:15 waktu JATS, sebagian besar saham otomotif berada di tempat zona merah, seperti AUTO turun 0,45% pada Rp2.200, DRMA anjlok 1,22% di area Rp1.215, juga IMAS jatuh 2,80% di tempat Rp1.390. Sementara ASII berkembang 0,49% di dalam Rp5.175.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *