Penyaluran dana desa di tiga kabupaten capai Rp149,93 miliar

Finansial30 Dilihat

Kudus – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kudus, Jawa Tengah, selama Januari hingga April 2024 telah lama menyalurkan dana desa pada tiga kabupaten yakni Wilayah Kudus, Jepara dan juga Demak sebesar Rp149,93 miliar dari pagu anggaran sebesar Rp601,76 miliar.

"Dengan demikian, penyaluran tahap pertama tersalur 24,91 persen," kata Kepala KPPN Kudus Muhammad Agus Lukman Hakim pada Kudus, Selasa.

Dari alokasi dana desa sebesar Rp601,76 miliar yang mana diperuntukkan untuk 550 desa. Meliputi Wilayah Kudus mendapatkan alokasi sebesar Rp134,54 miliar untuk 123 desa, Daerah Demak sebesar Rp257,92 miliar untuk 243 desa, kemudian Daerah Jepara sebesar Rp209,3 miliar untuk 184 desa.

Untuk Wilayah Kudus, kata dia, tersalur sebesar Rp66,47 miliar atau 49,41 persen, kemudian Kota Demak tersalur Rp66,27 miliar atau 25,7 persen, kemudian Wilayah Jepara tersalur sebesar Rp17,18 miliar atau 8,21 persen.

Penyaluran dana desa di tiga kabupaten tersebut, pada waktu ini memasuki tahap pertama akibat di tiap-tiap kabupaten belum semua desa mengajukan pencairan.

Sementara skema penyaluran dana desa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni hanya saja dua tahap.

Dana desa yang dimaksud terbagi menghadapi dana desa yang tersebut ditentukan penggunaannya (earmark) lalu dana desa yang tidak ada ditentukan penggunaannya (non-earmark), yang dimaksud per individu disalurkan pada dua tahap untuk tiap-tiap desa.

Untuk dana desa earmark merupakan dana desa dengan prioritas utama, yakni untuk kegiatan pemulihan ekonomi, dalam bentuk pengamanan sosial dan juga penanganan kemiskinan ekstrem di bentuk BLT, inisiatif ketahanan pangan juga hewani, juga acara pencegahan lalu penurunan tengkes atau stunting.

Sementara untuk dana desa non-earmark merupakan dana desa yang ditujukan untuk mendanai inisiatif sektor prioritas dalam desa sesuai dengan peluang juga karakteristik desa lalu atau penyertaan modal pada BUMDes.

Artikel ini disadur dari Penyaluran dana desa di tiga kabupaten capai Rp149,93 miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *