Pertamina sebut bukan ada SPBU terdampak ledakan gudang amunisi

Market9 Dilihat

IDN Bisnis Tidak ada gangguan distribusi gas serta BBM terhadap penduduk yang digunakan berada di area sekitar gudang amunisi tempat (gudmurah) Kodam Jaya di dalam Ciangsana, Daerah Bogor, Jawa Barat.

Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui perusahaan subholding PT Pertamina Patra Niaga menyampaikan bahwa tidak ada ada SPBU yang digunakan terdampak ledakan pada gudang amunisi tempat (gudmurah) Kodam Jaya di area Ciangsana, Kota Bogor, Jawa Barat, Hari Sabtu (30/3).

“Masih beroperasi normal,” ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting terhadap ANTARA ketika dihubungi dari Jakarta, Minggu.

Dengan demikian, kata Irto, tidak ada ada gangguan distribusi gas lalu BBM untuk warga yang tersebut berada di tempat sekitar gudang amunisi wilayah (gudmurah) Kodam Jaya di tempat Ciangsana, Daerah Bogor, Jawa Barat.

"SPBU terdekat ada di area radius 5 km," kata Irto Ginting.

Sebelumnya, sebanyak 15 gudang pada Kompleks Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di tempat Ciangsana, Hari Sabtu (30/3), sekitar pukul 18.30 Waktu Indonesia Barat meledak serta terbakar.

Kebakaran kemudian ucapan ledakan dari arah gudang amunisi masih terdengar setidaknya tiga jam pasca ledakan pertama.

Dari 15 gudang yang dimaksud terbakar, salah satunya gudang nomor 6 yang menyimpan amunisi kedaluwarsa.

“Gudang amunisi nomor 6 itu berisi amunisi-amunisi yang digunakan telah kedaluwarsa lalu (hasil) pengembalian dari berbagai satuan yang digunakan dilayani oleh Kodam Jaya di tempat seluruh wilayah Ibukota ini,” kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Dia mengatakan ada sekitar 160.000 amunisi juga substansi peledak kedaluwarsa yang digunakan tersimpan pada gudang nomor 6 itu.

Lebih lanjut, Hasan juga menegaskan tidaklah ada korban jiwa akibat ledakan tersebut.

“Sampai dengan ketika ini, kami sudah ada mengecek seluruh lokasi pada perimeter kita, satu kilometer ke depan, ke arah pemukiman (dekat gudang) tak ada korban jiwa,” kata Mohamad Hasan.

Secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Publik (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan personel TNI dan juga Polri sudah hadir dalam lokasi kejadian ledakan pada Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di tempat Ciangsana, Kota Bogor, Jawa Barat, untuk memverifikasi keamanan warga sekitar.

"TNI lalu Polri sudah ada hadir di area tengah-tengah masyarakat, dari bhabinkamtibmas serta babinsa, dan juga jajaran kewilayahan Polda Metro Jaya serta Kodam Jaya," kata Brigjen Pol. Trunoyudo dikonfirmasi di dalam Jakarta, Hari Sabtu (30/3) malam.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *