Organisasi anak bangsa temukan pengembangan pemadam api elemen penyimpan daya EV

Market24 Dilihat

DKI Jakarta (ANTARA) – PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) selaku distributor tunggal dari barang pemadam api “Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31, memperkenalkan sistem mutakhir untuk sepeda gowes juga motor listrik pertama di dunia di acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang mana diselenggarakan di dalam JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.

“Kami berjuang menemukan perubahan terbaik untuk memitigasi kemungkinan terjadinya kebakaran yang tersebut ditimbulkan oleh api litium, zat yang dimaksud umum bermetamorfosis menjadi komponen baku penyimpan daya kendaraan listrik (EV). Oleh oleh sebab itu itu, pada kesempatan di dalam tahun ini kami kembali dengan pembaharuan baru,” ujar ketua eksekutif FAST Willy Hadiwijaya ditemui dalam kompetisi PEVS 2024, Hari Sabtu (4/5) malam.

Selain APAR (Alat Pemadam Api Ringan) “Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31 yang digunakan telah lama diperkenalkan tahun lalu, kali ini perusahaan anak Bangsa yang dimaksud juga memperkenalkan sistem pencegah kebakaran baru khusus untuk kendaraan roda dua.

Baca juga: Moeldoko sebut PEVS 2024 acara EV terbesar di dalam Asia Tenggara

Teknologi yang diisi dengan "Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31 yang dimaksud dipasangkan pada letak yang terhubung dengan segera dengan kepingan elemen penyimpan daya kendaraan, kemudian diklaim mampu memadamkan api segera pada titik api pada ketika si jago merah baru menyala.

Produk pemadam api “Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31 PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) yang tersebut dipasangkan dengan segera pada motor listrik, dipamerkan pada acara PEVS 2024, ke JIExpo Kemayoran, Jakarta, Hari Sabtu (4/5/2024). (ANTARA/Pamela Sakina)

Willy mengatakan, kendaraan listrik memerlukan jenis APAR khusus, ke mana menurutnya, api yang dimaksud ditimbulkan dari sel litium mempunyai klasifikasi tersendiri, dengan suhu panas ekstrim dimulai dari 1.000 derajat celcius serta mampu terus memuncak hingga 2.000 derajat celcius.

Belum lagi, bervariasi media pemadaman seperti jenis bubuk (powder) yang sekarang umum ke pasaran, atau bahkan air sebagai media konvensional pemadaman, ia sebut, tak efektif untuk memadamkan api kendaraan listrik.

Pasalnya, api dari akumulator litium ini dapat menyala terus-menerus selama masih ada daya yang dimaksud tersimpan ke di elemen penyimpan daya kendati direndam pada kolam air sekalipun.

Dalam hal ini, wajib ada perlakuan khusus untuk meredam daya lonjak suhu yang mana mendadak dari elemen penyimpan daya litium ini yang mana dikenal sebagai “thermal runaway”.

Dengan nilai komponen lokal yang tinggi, “Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31 sebagai komoditas lokal yang ditemukan dan juga dipatenkan oleh anak Bangsa yang disebutkan diklaim berubah menjadi pemadam api elemen penyimpan daya litium yang paling efektif di dalam dunia.

Layanan yang disebutkan juga sudah meraih sertifikasi internasional melawan uji coba yang dimaksud mereka itu lakukan di Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Singapura, kemudian Malaysia, yang digunakan terbukti bahwa media milik Hartindo AF31 yang dimaksud mempunyai sifat pendingin yang dapat menghentikan “thermal runaway” dan juga mengurangi penyalaan kembali dari penyimpan daya litium yang terbakar.

Ditambah lagi, “Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31 merupakan pemadam yang digunakan yang digunakan sangat aman untuk manusia, hewan, juga juga lingkungan. Willy mengklaim, barang APAR yang dimaksud aman jikalau secara tidaklah sengaja masuk ke pada mulut.

“Penemuan ini kami persembahkan untuk penduduk Negara Indonesia serta juga dunia sebagai alat pengaman yang tersebut diperlukan untuk lingkungan kendaraan listrik, mulai dari kendaraannya sendiri merupakan APAR kemudian juga sistem pencegah kebakaran, tempat pengisian ulang daya, hingga pengamanan pada gudang-gudang penyimpanan akumulator litium,” kata Willy.

Baca juga: Moeldoko sebut insentif mobil hybrid hambat pertumbuhan BEV

Baca juga: Moeldoko rencanakan PEVS dilakukan dalam Surabaya hingga Medan

Baca juga: Minimalis namun canggih ala Wuling Cloud EV

Artikel ini disadur dari Perusahaan anak bangsa temukan inovasi pemadam api baterai EV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *