Pesawat tipe Twin Otter melayani penerbangan perintis di dalam Gorontalo

Bisnis7 Dilihat

IDN Bisnis Penerbangan subsidi ini ditargetkan pada satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang.

Gorontalo – Pesawat tipe Twin Otter DHC 6-300 berkapasitas 19 orang akan melayani penduduk Provinsi Gorontalo dengan rute Bandar Lingkungan (Bandara) Djalaluddin Gorontalo ke Wilayah Pohuwato.

Petugas Pelayanan kemudian Pengoperasian Bandar Lingkungan Djalaluddin Forres Komboy di dalam Gorontalo, Minggu, menyatakan pesawat yang dimaksud akan melayani total sembilan rute penerbangan perintis yang tersebut perdana hadir dalam Provinsi Gorontalo.

Ia mengungkapkan penerbangan ini spesifik untuk penyelenggaraan angkutan udara subsidi yang tersebut ditujukan untuk pergerakan orang (penumpang).

"Penerbangan subsidi ini ditargetkan pada satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang," katanya pula.

Terkait tarif, kata Forres, telah dilakukan ditetapkan oleh Direktorat Perhubungan Udara.

"Jadi kami semata-mata menambahkan seperti biaya pajak bandara (airport tax)," katanya pula.

Ia menjelaskan tarif pesawat dari Djalaluddin yang mana merupakan bandara kelas satu, tentu akan lebih lanjut mahal dari Pohuwato yang dimaksud satuan pelayanannya baru kelas tiga.

Dia memperlihatkan penerbangan dari Djalaluddin Gorontalo ke Pohuwato tarifnya Rp244.370. Sedangkan dari Pohuwato ke Gorontalo Rp205.370.

Tarif penerbangan perintis yang dimaksud berdasarkan rute, seperti dari Manado Sam Ratulangi ke Siau tarifnya Rp361.310. Siau ke Naha Rp207.590, dan juga Naha ke Miangas Rp382.420, sedangkan dari Miangas ke Melonguane Rp340.790.

Jika akan menempuh perjalanan dari Manado hingga Melonguane, penumpang membayar tarif di area setiap bandara. "Jadi keseluruhan tarif itulah yang digunakan nantinya akan dibayarkan penumpang," katanya lagi.

Namun, mengingat ini merupakan penerbangan bersubsidi, jadi tak mampu dengan segera dari satu bandara yang dimaksud besar ke bandara yang digunakan lain. Misalnya dari Gorontalo segera ke Manado.

"Penumpang dari Gorontalo yang digunakan akan ke Manado, harus singgah dulu ke bandara Lolak Bolaang Mongondow, kemudian ke Manado. Tarifnya pun berlaku per bandara," kata Forres.

Tarif Gorontalo ke Lolak Bolaang Mongondow Rp263.240, Gorontalo ke Manado Rp521.890, Manado ke Gorontalo Rp570.010.

Sedangkan rute ke wilayah Sulawesi Tengah yaitu Gorontalo ke Buol Rp297.650, Buol ke Gorontalo Rp263.650, Pohuwato ke Palu Rp479.540, kemudian Palu ke Pohuwato Rp519.540.

"Kami tunggu peresmian layanan penerbangan perintis dengan operator PT Semuwa Aviasi Mandiri (Sam Air) yang digunakan direncanakan melayani publik pada bulan Februari Tahun 2024 atau pasca-pemilu," katanya pula.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *