PGI miliki sistem peringkat pegolf sendiri mulai 2024

IDN Bisnis DKI Jakarta – Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) memiliki sistem peringkat pegolf sendiri atau Indonesia Golf Amateur Ranking yang mana mulai diberlakukan pada tahun 2024.

"Mulai tahun ini (2024) PB PGI mempunyai yang digunakan namanya Indonesia Golf Amateur Ranking dengan bobot yang dimaksud paling besar secara poin adalah kejurnas (kejuaraan nasional)," kata Kepala Area Kejuaraan kemudian Prestasi PB PGI Adi Saksono ketika dihubungi pada Jakarta, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan langkah PB PGI pada membenahi sistem manajemen turnamen golf untuk mencetak pegolf-pegolf unggulan di tempat Tanah Air.

Adi menjelaskan, sistem peringkat itu akan mencatatkan data poin-poin pegolf yang digunakan mengikuti berbagai kompetisi dalam Tanah Air seperti perlombaan nasional maupun lainnya yang tercatat oleh PB PGI.

"Kita tidak ada menghitung poin pegolf di tempat event internasional akibat sistem ranking ini hanya saja untuk orang Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, sistem peringkat ini menempatkan kejurnas sebagai bobot tertinggi sehingga pegolf-pegolf yang digunakan berprestasi dalam event akan menjadi pemegang poin tertinggi dalam Indonesia.

Nantinya, kata dia, bobot di tempat kejurnas akan menjadi acuan bagi PB PGI untuk menentukan layak atau tidaknya pegolf yang mana masuk di kelompok nasional.

"Jadi tak ada lagi dikarenakan pilih kasih, pegolf yang jadi 'anak emas', oleh sebab itu semuanya mengacu pada data statistik," ujar Adi.

Adi mengatakan, selain menerapkan sistem peringkat sendiri, PB PGI juga sudah ada menerapkan ukuran numerik kemampuan pegolf atau world handicap system sehingga semakin meningkatkan kualitas penyelenggaraan kejuaraan.

Ia menambahkan, pihaknya merasa optimistis, melalui pembenahan sistem perlombaan akan memproduksi para atlet dapat berkompetisi secara sehat juga optimal sehingga sanggup diperoleh bibit-bibit pegolf unggulan yang sanggup berkiprah di dalam berbagai ajang.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *