PHE OSES Lepasliarkan Tukik Jaga Habitat Penyu Sisik dalam Pulau Sabira

Market20 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – PT Pertamina Hulu Tenaga Offshore Southeast Sumatra ( PHE OSES ) berkolaborasi dengan Karang Taruna RW 03 Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, DKI Ibukota Indonesia menjaga habitat penyu sisik yang dimaksud berada di status terancam punah.

Kegiatan yang tersebut masuk di kegiatan Tiga Perisai PHE OSES itu, salah satunya dengan pelepasliaran 55 ekor tukik hasil penetasan metode semi alami ke habitatnya.

“Program Pendekar Sabira yang dimaksud dalam gagas oleh PHE OSES bertujuan bukan cuma pada peningkatan kapasitas ekonomi rakyat Pulau Sabira, tetapi juga pelestarian lingkungan. Selain penyetoran mangrove juga ada pelestarian penyu,” ujar Head of Communication, Relations & CID Zona 6 PHE OSES Indra Darmawan, pada pernyataannya, Hari Sabtu (13/1/2024).

Tukik yang tersebut dilepasliarkan merupakan tukik yang dimaksud sudah ada mencapai usia dan juga panjang juga lebar badan yang dimaksud telah ditentukan. Hal ini diperlukan untuk menegaskan tukik yang dilepasliarkan aman dari ancaman predator ketika tukik sudah ada kembali ke alam liar.

Selama proses peneluran, penetasan, hingga pelepasliaran, penyu sisik dijaga dengan baik di tempat Pondok Penyu Semi Alami Pulau Sabira, atau yang lebih lanjut dikenal dengan sebutan Rumah Penyu. Selain berfungsi sebagai penangkaran, Rumah Penyu juga menjadi wadah edukasi terkait penyu sisik dan juga penyu hijau.

Penyu sisik dikategorikan sebagai spesies kritis atau Critically Endangered oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam. Penyu dengan ciri paruh yang dimaksud melengkung kemudian tempurung yang dimaksud bergerigi ini dapat dijumpai di dalam pesisir Pulau Sabira. Sepanjang 2023, Pondok Penyu Semi Alami Pulau Sabira telah terjadi menetaskan sebanyak 1928 ekor penyu sisik.

Sementara, Ketua Karang Taruna RW 3 Pulau Sabira Gunawan menyampaikan apresiasi yang tersebut diberikan oleh PHE OSES.

“Alhamdulillah berkat beberapa inisiatif dukungan dari PHE OSES di dalam bidang lingkungan, Pulau Sabira mendapatkan penghargaan pada inisiatif Kampung Iklim pada kategori utama,” tuturnya.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *