PIK2 incar pembangunan ekonomi Rp40 triliun usai ditunjuk sebagai PSN

Bursa20 Dilihat

IDN Bisnis total pembangunan ekonomi yang dimaksud akan difasilitasi pihak swasta dan juga tak ditargetkan menggunakan APBN/APBD

Jakarta – PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk atau PIK2 (PANI) sementara memiliki target total pembangunan ekonomi senilai Rp40 triliun di dalam kawasan PIK2 setelahnya ditunjuk sebagai Proyek Penting Nasional (PSN) oleh pemerintah, yang mana akan dibangun mulai tahun 2024 kemudian ditargetkan selesai pada tahun 2060.

“Dalam perencanaan total pembangunan ekonomi yang dimaksud akan difasilitasi pihak swasta lalu tidak ada ditargetkan menggunakan APBN/APBD,” ujar Sekretaris Perusahaan PANI Christy Grassela pada Jakarta, Selasa.

Christy menjelaskan, PIK2 merupakan lanjutan usaha patungan Agung Sedayu Group (ASG) kemudian Salim Group (SG) setelahnya berhasil mengembangkan Kawasan PIK 1 juga Pulau Reklamasi yakni Golf Island and Ebony dengan total luasan pengembangan sekitar 1.600 hektar.

Ia memaparkan, perencanaan PIK2 PSN dengan kisaran proyek seluas 1.755 hektar yang dimaksud telah dilakukan dikaji, diantaranya pertama, pengembangan baru berkonsep Eco-Park (Taman Bhineka) yang mana akan mengusung keragaman religi serta sikap toleransi dalam Indonesia.

Kedua, wisata safari sebagai destinasi wisata alam yang tersebut dapat diakses oleh umum, juga prasarana penunjang yang digunakan diperlukan untuk mempermudah wisatawan untuk berkunjung, termasuk hotel, restoran serta prasarana lain.

Ketiga, lapangan golf dirancang untuk dapat mengakomodir standar 27 holes dengan skala design bertaraf internasional.

Keempat, wisata mangrove sebagai destinasi wisata alam yang berbasis pesisir pantai, termasuk safari mangrove lalu taman rekreasi keluarga, juga kebun binatang berhabitat mangrove.

Kelima, sirkuit internasional untuk menyasar segmen pecinta otomotif kemudian direncanakan racing berskala nasional kemudian internasional sebagai magnetik segmen otomotif.

Keenam, ekowisata yang dimaksud mencakup resort bertemakan pesisir pantai, taman terbuka kemudian tertutup dengan target segmen wisata ekowisata.

“PIK2 sebagai PSN menjadi tonggak baru bagi pengembang untuk tambahan berdampak lebih tinggi luas, sehingga bukanlah belaka merancang infrastruktur kemudian prasarana yang digunakan diperlukan untuk hunian dan juga kegiatan komersial,” ujar Christy.

Seiring dengan target konstruksi itu, Christy menjelaskan pada waktu ini kawasan PIK2 sedang dibangun jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg (KATARA) sepanjang hampir 40 kilo meter (KM), yang tersebut diperkirakan akan mulai beroperasi pada satu tahun ke depan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *