PLN Babel sama-sama kelompok petani manfaatkan abu sisa pembakaran PLTU

Bisnis6 Dilihat

IDN Bisnis Abu sisa ini digunakan sebagai komponen baku pembuatan pupuk….

Pangkalpinang – PT Organisasi Listrik Negara Unit Induk Wilayah (PLN UIW) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersatu kelompok petani berhasil memanfaatkan abu sisa pembakaran batu bara di area PLTU Airanyir untuk dijadikan pupuk.

"Abu sisa pembakaran batu bara bisa jadi dimanfaatkan menjadi komponen baku keperluan pada berbagai sektor, salah satunya di dalam bidang pertanian abu sisa ini digunakan sebagai substansi baku pembuatan pupuk akibat dapat meningkatkan kesuburan tanah lalu perkembangan tanaman," kata Manajer Kesejahteraan kemudian Keselamatan Kerja kemudian Lingkungan PLN UIW Babel Ganjar Riyadi, di tempat Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengungkapkan ketika ini abu sisa pembakaran dalam PLTU Airanyir sudah ada digunakan rakyat kelompok pertanian untuk menyebabkan pupuk flora sawit juga flora lainnya.

Abu sisa pembakaran mengandung nutrisi esensial, seperti fosfor, kalium, serta mikronutrien yang mana penting untuk perkembangan tanaman, memberikan alternatif pupuk yang dimaksud seimbang.

Selain itu, abu sisa juga bisa saja digunakan untuk komponen baku sektor industri, seperti pembuatan batako atau konblok, serta sanggup juga digunakan sebagai campuran di pembuatan beton.

"PLN Babel membuka kesempatan terhadap publik yang ingin memanfaatkan abu sisa PLTU Airanyir untuk dimanfaatkan menjadi komponen baku proses pembuatan lalu infrastruktur, sehingga dengan materi baku gratis dapat meningkatkan pendapatan bagi yang mana memanfaatkannya," katanya lagi.

Ketua Pertemuan Warga Petani (Formap) Babel Muhammad Syarif Hidayatullah menyampaikan terima kasih terhadap PLN telah lama terlibat juga pada ketahanan pangan di hal membantu ketersediaan abu sisa kemudian melatih pemanfaatan untuk dijadikan pupuk.

“Kami sudah pernah melakukan riset terhadap lahan pertanian yang mana akan digunakan, sehingga permintaan pupuk majemuk dari pemanfaatan abu sisa pembakaran ini sangat membantu petani menyiapkan media tanam. Selain itu dari sisi perekonomian juga petani sangat terbantu dikarenakan harganya relatif tidak mahal apabila dibandingkan dengan pupuk jenis yang mirip dalam pasaran," kata Syarif.

Dengan menggunakan abu sisa yang rutin dianggap sebagai limbah, pupuk ini dapat menjadi solusi alternatif, sebab hemat modal dan juga berkelanjutan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Setelah dikategorikan sebagai limbah yang mana tiada mengandung substansi berbahaya lalu beracun (B3), abu sisa pembakaran batu bara pada masa kini dapat dimanfaatkan masyarakat, ini menjadi solusi inovatif pada mengempiskan dampak lingkungan serta menciptakan prospek baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *