Prabowo Subianto Jadi Presiden RI, Segini Harta Kekayaannya

Market49 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah terjadi mengumumkan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. KPU menetapkan Prabowo Subianto juga Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden kemudian Wakil Presiden terpilih.

Perolehan kata-kata kandidat nomor urut 2 yang disebutkan mencapai 96.216.691 (58,58%).

Sebagai presiden selanjutnya, harta Prabowo pun menjadi sorotan. Sebab dirinya sebagai pejabat masyarakat mempunyai kewajiban untuk melaporkan harta kekayaannya.

Sebelum terlibat berpolitik, Prabowo sempat menjadi perwakilan kelompok usaha adiknya, Tirtamas/Comexindo. Merujuk paparan George Aditjondro pada Korupsi Kepresidenan (2006), ketika pada Aman, Yordania, dari sana juga beliau berupaya mempersiapkan kegiatan bisnis tambang, pengolahan kertas, kemudian penggalian sumber-sumber energi.

Barulah pada 2001, Prabowo lalu rekannya, mendirikan Nusantara Energi. Korporasi inilah yang mana kemudian menjadi mesin pendulang kekayaan bagi Prabowo. Awalnya bisnisnya bergerak di tempat bidang kertas bernama PT Kiani Kertas, yang dimaksud berada di dalam Berau, Kalimantan Timur.

PT Kiani Kertas ini awalnya dimiliki oleh ‘Raja Hutan’ Bob Hasan. Namun, pada tahun 1990-an, perusahaan ini diambil alih negara lantaran dianggap tidaklah sehat. Dan lantaran alasan inilah Prabowo ingin membangkitkan perusahaan kertas tersebut.

Dia membeli Kiani Kertas senilai Rupiah 1,8 Ribu Miliar kemudian mengubahnya menjadi PT Kertas Nusantara. Pengambilalihan ini kemudian menyebabkan hubungannya dengan senior di tempat TNI, Luhut Binsar Panjaitan, kembali mencair.

Sebagaimana dipaparkan Hendra Budiman pada Para Pembisik Jokowi (2015), di area Kiani Kertas Prabowo menjabat sebagai Presiden Direktur lalu Luhut Binsar Panjaitan menduduki kursi Komisaris Utama. Sayang, hubungan positif dua jenderal TNI itu tidak ada berlangsung lama.

Kondisi perusahaan yang tersebut tak kunjung membaik menciptakan hubungan keduanya kembali merenggang. Di tangan Prabowo, Kiani Kertas tetap memperlihatkan dianggap perusahaan yang tersebut tak sehat dan juga tidaklah begitu sukses.

Setelah bermain di tempat bidang kertas, Prabowo beralih ke sektor usaha lain. Tercatat, bekas Pangkostrad ini sempat bermain pada usaha minyak kelapa sawit melalui PT Tidar Kerinci Agung, bidang perikanan lewat PT Jaladri Nusantara juga sektor migas lewat PT Nusantara Energy.

Seluruh industri itu berada di tempat bawah naungan Nusantara Group yang tersebut ternyata membawahi 27 perusahaan dalam pada dan juga luar negeri. Selama menjalani bidang usaha Prabowo tiada sendirian. Dia menaruh kepercayaan besar terhadap rekan urusan politik juga keluarganya. Inilah yang dimaksud menjadi kunci perusahaan Prabowo.

Menurut LHKPN, Prabowo miliki harta Rp2,04 triliun juga tanpa utang.

Terbanyak harta Prabowo berada pada tanah juga bangunan dengan nilai Rp275,3 miliar. Ini adalah tersebar dalam wilayah DKI Jakarta kemudian Bogor dengan luas kemudian nilai yang tersebut berbeda.

Prabowo juga miliki sederet alat transportasi Rp1,2 miliar, meliputi Toyota Alphard dan juga Lexus Jeep tahun 1992 seharga Rp400 jt dan juga 6 mobil lainnya.

Menteri Defense itu yang dimaksud juga mempunyai harta bergerak lainnya Rp16,4 miliar, surat berharga Rp1,7 triliun kemudian kas Rp47,8 miliar.

Artikel Selanjutnya Daftar 5 Orang Terkaya RI Terbaru, Nomor 1 Bikin Kaget

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *