Proyek beasiswa APERTI BUMN beri akses lembaga pendidikan berkualitas

Bisnis66 Dilihat

Ibukota Indonesia – Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) yang digunakan terdiri menghadapi tujuh perguruan membesar berafiliasi dengan badan perniagaan milik negara (BUMN) menyelenggarakan acara beasiswa tahun 2024 untuk lulusan SMA/SMK sederajat dalam seluruh Indonesia.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan beasiswa itu untuk memberikan akses lembaga pendidikan ke perguruan membesar yang digunakan berkualitas sehingga memberikan dorongan untuk siswa-siswi yang dimaksud ingin menempuh institusi belajar tinggi untuk sanggup terus melanjutkan sekolah ke jenjang universitas guna menghasilkan kembali generasi bangsa yang digunakan berkualitas.

Ketua APERTI BUMN yang digunakan juga merupakan Rektor Telkom University Prof Adiwijaya pada keterangannya dalam Jakarta, Hari Sabtu menyampaikan beasiswa APERTI BUMN yang dimaksud sudah ada diselenggarakan sejak 2021, merupakan bentuk komitmen bersatu pada memberikan akses terhadap seluruh lapisan penduduk untuk menempuh lembaga pendidikan tinggi.

"Kami berazam sama-sama bahwa lembaga pendidikan tinggi harus bisa saja dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, maka dari itu beasiswa ini diberikan agar lebih banyak banyak siswa-siswi yang tersebut bisa jadi menikmati jenjang lembaga pendidikan tinggi," katanya.

Adapun, tujuh perguruan tinggi tersebut, yakni Telkom University (Tel-U), Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Tanah Air (UISI), Institut Teknologi PLN (ITPLN), Universitas Logistik lalu Bisnis Internasional (ULBI), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), lalu Politeknik Semen Indonesia.

Lebih lanjut, Adiwijaya mengutarakan di kegiatan peluncuran beasiswa APERTI BUMN 2024 ke Jakarta, Hari Sabtu hari ini, seluruh peraih beasiswa APERTI BUMN 2024 akan mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus.

"Melalui beasiswa ini, kami juga ingin bersama-sama di mencetak generasi yang tersebut unggul untuk bangsa Indonesia lalu dunia. Hal yang dimaksud sejalan dengan tujuan beasiswa APERTI BUMN hadir untuk memajukan sekolah pada menyongsong dan juga menjalankan Tanah Air yang digunakan maju," ucapnya.

Untuk diketahui, sekolah lebih tinggi merupakan salah satu indikator penting pada kemajuan suatu bangsa akibat hal yang disebutkan berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) kemudian potensi ekonomi.

Berdasarkan Survei Sosial Sektor Bisnis Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik Tanah Air (BPS) pada Maret 2023, Tanah Air mengalami penurunan jumlah total pelajar SMA sederajat yang dimaksud melanjutkan ke jenjang lembaga pendidikan membesar yang mana mencapai 52,65 persen.

Keseriusan perguruan tinggi dalam bawah naungan APERTI BUMN di menjamin kualitas lembaga pendidikan yang tersebut inklusif dan juga merata dan juga meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua, juga sejalan dengan acara tujuan penyelenggaraan berkelanjutan (SDGs) ke-4.

Berikut persyaratan untuk mendaftar inisiatif beasiswa APERTI BUMN 2024, yaitu siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2022, 2023, serta 2024; melampirkan nilai rapor semester 1 sampai 5; melampirkan sertifikat prestasi akademik atau non-akademik; berkas pendaftaran diunggah secara daring pada platform resmi perguruan besar yang mana dipilih; serta partisipan semata-mata boleh memilih satu tujuan perguruan tinggi.

Selanjutnya, rentang waktu acara beasiswa APERTI BUMN, yakni pendaftaran pada 18 Mei-15 Juni 2024, seleksi administratif 16-18 Juni 2024, pengumuman seleksi administratif 20 Juni 2024, wawancara 21-25 Juni 2024, lalu pengumuman akhir 28 Juni 2024.

Beasiswa APERTI BUMN 2024 yang dimaksud akan diberikan terhadap 110 putra-putri terbaik bangsa yang tersebut akan dibagi menjadi beasiswa unggulan kemudian beasiswa parsial. Jumlah yang disebutkan mengalami peningkatan pada setiap tahunnya, dalam mana pada awal inisiasi beasiswa APERTI BUMN dalam 2019 kuota yang disediakan berjumlah 30.

Perguruan membesar yang mana tergabung di APERTI BUMN sudah miliki spesialisasi yang dimaksud sangat dibutuhkan oleh bola industri, yaitu Tel-U ke bidang teknologi informasi serta komunikasi; UISI di bidang usaha lalu teknologi persemaian; Universitas Pertamina di dalam bidang energi; ITPLN mempunyai spesialisasi pada bidang ketenagalistrikan.

Kemudian, ULBI pada bidang logistik, supply chain management & e-commerce; ITT Purwokerto ke bidang healthcare, agro-industry, tourism, serta small-medium enterprise; serta Politeknik Semen Indonesia di mencetak SDM kompeten bidang teknologi lalu kegiatan bisnis terapan.

 

Artikel ini disadur dari Program beasiswa APERTI BUMN beri akses pendidikan berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *