Ramai Pengunjung, Ini adalah Rahasia Maju Pemilik Counter Pulsa

Entrepreneur94 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Punya bidang usaha Counter pulsa ternyata membuka pintu rezeki buat Hadriansyah. Lewat potensi industri yang tersebut dilihatnya dengan menjadi AgenBRILink, sekarang ini counter miliknya tak pernah sepi pengunjung. 

Di sedang era digital, counter milik Hadriansyah di dalam Pasar Induk Kramat Jati, DKI Jakarta Timur, turut membantu Komunitas untuk melakukan operasi finansial.

Dari sinilah usaha pria berusia 28 tahun yang dimaksud mulai berprogres juga sejumlah mendatangkan pelanggan. Hadriansah bercerita tentang awal mula kemudian suka duka di merancang usaha tersebut.

Awalnya setelahnya lulus kuliah di dalam tahun 2020, ia terlibat kakaknya bekerja sebagai kuli bangunan. Namun, penghasilan yang tak menentu membuatnya mulai berpikir untuk mencari usaha lain.

Ia sempat didesak oleh keluarganya untuk melamar pekerjaan di dalam tempat lain. Namun, hati kecilnya diam-diam memimpikan bisa saja miliki bidang usaha sendiri, hingga akhirnya muncul ide untuk membuka counter kemudian jadi AgenBRILink.

“Akhirnya dengan sisa-sisa uang yang digunakan saya punya dari kuli bangunan itu, saya jadikan modal untuk bikin bisnis counter serta jadi AgenBRILink. Saya pikir ini sesuai dengan passion saya juga mudah-mudahan memang sebenarnya di area di tempat ini jalan saya,” lanjutnya pada keterangan tertulis, Kamis (8/2/2024).

Usaha Hadriansah berdiri di tempat bulan Oktober 2022 dengan mengambil lapak di tempat Pasar Kramat Jati, Ibukota Indonesia Timur. Sejak awal mendirikan perniagaan ini, Hadriansah memang sebenarnya sudah ada berniat mendaftar menjadi AgenBRILink. Beruntungnya, ketika itu ada kunjungan survei dari pihak BRI ke Pasar Kramat Jati yang digunakan memuluskan jalan Hadriansah menjadi AgenBRILink.

“Setelah mendapatkan pelatihan, akhirnya saya tahu seperti apa operasi yang dimaksud benar. Jadi kalau dalam SOP, kita terima dulu uangnya, lalu kita hitung jumlahnya sudah ada tepat atau belum. Baru pasca itu kita transaksikan uangnya. Dari situ akhirnya saya dapat tambahan berhati-hati lagi pada operasional. Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan, sehingga bidang usaha saya mampu berjalan dengan baik juga menjaga dari kecurangan juga,” lanjutnya.

Bantu Transaksi Pedagang Pasar

Menjadi AgenBRILink bagi Hardiansah ternyata memberikan dampak yang dimaksud cukup besar untuk para pelanggan yang rata-rata penjual bursa dan juga publik sekitar. Terlebih, jam operasionalnya 24 jam sehingga bisa jadi membantu siapa belaka yang tersebut mempunyai keperluan operasi keuangan yang dimaksud mendesak.

“Transaksi yang dimaksud paling rutin itu transfer, misalnya untuk keluarga di dalam kampung. Ini adalah membantu mereka itu juga kalau butuh pada waktu waktu malam kan bank sudah ada tutup. Selain itu, isi jumlah dompet digital juga sejumlah peminatnya kemudian mampu jadi prospek usaha tersendiri. Tarik tunai juga cukup banyak lantaran masih berbagai publik yang digunakan belum punya akun sendiri,” jelas Hadriansah.

Selain itu, fakta bahwa tidak ada semua warga memiliki akun juga yang digunakan menjadi pertimbangan Hadriansah pada membuka industri sebagai AgenBRILink.
“Saya pikir itu menjadi potensi. Dari yang mana awalnya kita hanya sekali menerbitkan counter untuk jual pulsa, pasca menjadi AgenBRILink ternyata dapat membantu masyarakat. Sekarang fokus operasionalnya lebih lanjut banyak jadi AgenBRILink,” lanjutnya.

Hadriansah mengaku sangat senang menjalani usaha sebagai AgenBRILink lantaran mampu membantu berbagai orang. Pandemi pandemi Covid-19 pada 2019 misalnya telah lama memberi dampak bagi penduduk dimana sejumlah orang kehilangan pekerjaan. Lewat keagenan yang disebutkan ia bisa jadi membuka lapangan pekerjaan untuk saudara yang membutuhkan. Selain itu, pengetahuannya tentang proses perbankan juga makin bertambah.

“Sejak gabung jadi AgenBRILink, kami lebih tinggi paham tentang sistem perbankan. Banyak kenal orang-orang perbankan, tahu cara proses yang tersebut benar. Lalu kita juga belajar apabila ada proses gagal bagaimana cara komplainnya. Banyak pembelajaran berharga terkait kegiatan digital seperti ini,” ceritanya lagi.

Selain itu, ia menambahkan, BRI juga setiap saat memberikan support untuk agen BRILink seperti lewat kompetisi berhadiah. Menurutnya, hal yang dimaksud menimbulkan para agen semakin semangat bekerja.

“Kalau pun nggak menang juga tak masalah, ini saya anggap sebagai sebagai penyemangat hanya pada memberikan pelayanan untuk masyarakat. Terima kasih untuk BRI dikarenakan telah membuka potensi menjadi Agen BRILink. Mudah-mudahan semakin sukses untuk BRI,” pungkasnya.

Di tempat berbeda, Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, mengungkapkan layanan Agen BRILink hadir untuk memudahkan warga untuk bisa jadi mengakses layanan perbankan. Selain operasi tarik tunai, juga terdapat layanan untuk keperluan harian warga seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pengaktifan account tabungan BSA maupun pinjaman, kemudian kegiatan lainnya.

Hingga Desember 2023, BRI mencatatkan jumlah total AgenBRILink tercatat lebih lanjut dari 740 ribu agen dengan besar kegiatan sebesar Rupiah 1.427 triliun.

“AgenBRILink merupakan bukti nyata economic sharing yang mana diadakan oleh BRI, akibat fee yang digunakan diperoleh para agen sanggup mencapai 2-3 kali lipat dari yang diterima oleh BRI. Dengan menjadi agen, penduduk dapat meningkatkan pendapatan lalu pada ujungnya dapat meningkatkan hidup perekonomian lalu sosial mereka,” kata Supari. 

Artikel Selanjutnya Edukasi UMKM Papua, Volume Transaksi QRIS-BRI Tumbuh 587,3%

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *