Riau alokasikan Rp75 miliar bangun jalan bebas hambatan di Siak

Market37 Dilihat

Jadi kami buat dulu, nanti baru Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang digunakan menyelesaikan….

Siak, Riau, – otoritas Provinsi Riau mengalokasikan dana Rp75 miliar untuk pelebaran jalan dari Simpang Buatan ke Jembatan Teluk Masjid dalam Kota Siak sepanjang 77 kilometer agar berubah menjadi "highway" atau jalan bebas hambatan.

Pejabat Pengelola Riau, SF Hariyanto di tinjauannya di dalam Jalan Simpang Buatan Siak, Rabu, mengutarakan nanti jakan ini akan seperti "Highway" Jalan Pekanbaru-Bangkinang. Jalannya merupakan wewenang nasional namun pemerintah area juga terlibat merancang dengan memperlebar jalan.

"Jadi kami buat dulu, nanti baru Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang mana menyelesaikan. Untuk ke Siak ini tahun 2025 kani masukkan, kami usahakan semaksimal mungkin saja sekitar Rp75 miliar," katanya.

Untuk itu, pihaknya terlebih dahulu menyurati Kementerian Pekerjaan Umum kemudian Perumahan Rakyat Republik Nusantara untuk pelebaran jalan. Selanjutnya dibangun dengan Anggaran Pendapatan kemudian Belanja Daerah Provinsi Riau serta Kementerian PUPR kemudian akan menyelesaikannya.

Dia mengutarakan pelebaran jalan ini adalah pada rangka menunjang Pelabuhan Tanjung Buton dan juga Kawasan Industri Tanjung Buton dalam Siak. Selain itu juga sebagai akses pendukung Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera Bukit Batu apabila terealisasi.

"Kami berencana merancang jembatan dari Pulau Bengkalis ke Pulau Sumatera tepatnya ke Bukit Batu. Kami harus persiapkan juga akses ke sana dari Siak, kita harapkan Jalan ini bisa saja menyambung ke Bengkalis. Jadi dari Pekanbaru ke Bengkalis hitungan jam saja," ungkapnya.

.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang lalu Permikiman Siak, Irving Kahar menyambut baik hal tersebut. Warga Siak tentu akan sangat berterimakasih dengan adanya jalan tersebut.

"Siak sangat bersyukur sekali dibantu perkembangan jalan. Seperti terulang kembali waktu Pj Gubri jadi Kadis PU Riau dulu juga banyak merancang untuk Siak yakni Jembatan Sultan Syarif Hasyim Maredan, Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmad syah Sungai Apit, serta Jalan Simpang Beringin hingga Simpang Maredan," ucapnya.

Artikel ini disadur dari Riau alokasikan Rp75 miliar bangun jalan bebas hambatan di Siak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *