Rupiah melemah tipis di tempat sedang data kenaikan harga China yang dimaksud membaik

Finansial23 Dilihat

IDN Bisnis Ibukota –

Nilai tukar (kurs) rupiah dalam akhir perdagangan hari terakhir pekan ditutup turun tipis 0,01 persen menjadi Rp15.550 per dolar Amerika Serikat dalam sedang data naiknya harga konsumen China yang dimaksud membaik.
 
Data naiknya harga konsumen China pada Desember 2023 menunjukkan sedikit perbaikan, di dalam mana secara bulanan terjadi kenaikan 0,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya -0,5 persen.
 
"Ini dapat diartikan konsumsi mulai membaik dan juga menjadi kabar positif untuk rupiah pada mana China sebagai partner dagang besar untuk Indonesia," kata pengamat pangsa uang Ariston Tjendra dalam Jakarta, Jumat.

Pada penutupan perdagangan akhir pekan, rupiah melemah tipis sebesar satu poin atau 0,01 persen menjadi Rp15.550 per dolar Amerika Serikat dari sebelumnya sebesar Rp15.549 per dolar AS.

 
China masih menjadi negara mitra dagang utama Indonesia dengan menyumbang hampir seperempat dari total ekspor Indonesia.
 
Nilai ekspor ke China sepanjang Januari hingga November 2023 mencapai 56,57 miliar dolar AS, turun sekitar 2 persen dari tahun sebelumnya.
 
Selain itu, pergerakan rupiah juga dipengaruhi oleh sentimen pelaku lingkungan ekonomi terhadap data pemuaian konsumen Amerika Serikat (AS).
 
Data naiknya harga konsumen Amerika Serikat pada Desember 2023 menunjukkan kenaikan yang lebih lanjut tinggi dari sebelumnya, menjadi 3,4 persen secara tahunan (year on year/yoy).
 
"Tapi hasil ini kelihatannya bukan menurunkan ekspektasi pangsa bahwa The Fed akan memangkas suku bunga acuannya per Maret ini," ujarnya.
 
Tingkat imbal hasil obligasi Negeri Paman Sam khususnya tenor 10 tahun pun bergerak turun dari 4,0 persen ke 3,98 persen.
 
Adapun Kurs DKI Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Hari Jumat turun terbatas ke kedudukan Rp15.559 per dolar Negeri Paman Sam dari sikap sebelumnya Rp15.558 per dolar AS.

 

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *