Rupiah meningkat dalam sedang sinyal penurunan suku bunga BI-Rate

Market24 Dilihat

IDN Bisnis Ibukota Indonesia – Skor tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Negeri Paman Sam di area akhir perdagangan Kamis meningkat di tempat berada dalam sinyal penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI-Rate ke depan.

"Penurunan suku bunga bisa saja berdampak terhadap penurunan bunga kredit sehingga berdampak terhadap penyelenggaraan infrastruktur lalu konsumsi rakyat yang menggeliat," kata Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi di pernyataannya di area Jakarta, Kamis.

Berdasarkan pernyataan Gubernur BI Perry Warjiyo, ada sebagian kriteria untuk penurunan suku bunga BI-Rate, yakni seberapa cepat penguatan nilai tukar rupiah, tetap saja terkendalinya kenaikan harga khususnya kenaikan harga inti dan juga kenaikan harga pangan dan juga perkembangan dukungan kredit di dalam pada pembiayaan sektor ekonomi yang tersebut akan mengupayakan perkembangan ekonomi.

Di sisi global, sentimen bursa dipengaruhi oleh ketidakpastian waktu penurunan suku bunga kebijakan Amerika Serikat atau Fed Funds Rate (FFR).

Ekspektasi pangsa terhadap penurunan suku bunga di area bulan Maret sudah pernah berkurang menjadi potensi 62,2 persen dibandingkan perkiraan 76,9 persen pada pertemuan sebelumnya, menurut FedWatch Tool dari CME.

Di Asia, kegiatan ekonomi China berkembang sedikit lebih besar rendah dari perkiraan pada kuartal keempat, serta hampir tiada melampaui perkiraan pemerintah sebesar 5 persen untuk peningkatan pada 2023.

Angka yang disebutkan menunjukkan bahwa pemulihan pasca-pandemi Virus Corona hanya saja memperoleh sedikit kesempatan selama setahun terakhir, lalu memberikan dampak yang mana lumayan bagi China pada 2024.

Pada penutupan perdagangan Kamis, rupiah menguat sebesar 19 poin atau 0,12 persen menjadi Rp15.624 per dolar Negeri Paman Sam dari sebelumnya sebesar Rp15.643 per dolar AS.

Kurs DKI Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis juga naik ke kedudukan Rp15.630 per dolar Negeri Paman Sam dari tempat sebelumnya Rp15.639 per dolar AS.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *